Lantik 120 Pejabat Adminisator & Pengawas, Suhatri Bur: Dilandasi Pertimbangan Objektif


Parit Malintang, CanangNews - Mengawali tahun 2022, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengambil sumpah jabatan dan melantik 64 pejabat adminisator (sebelumnya dikenal sebagai eselon III) dan 56 pejabat pengawas (eselon IV). Kegiatan berlangsung di aula kantor bupati - Parit Malintang, Kamis (13/1/2022) sore. 


Ketika memberi pengarahan, Suhatri Bur mengemukakan, pelaksanaan mutasi, rotasi dan promosi serta demosi ini adalah tuntutan dalam pembinaan pegawai. Di samping itu, juga merupakan hal yang lumrah dan biasa dialami oleh seorang aparatur pemerintah dalam memahami sesuatu pekerjaan dan latihan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru.



Proses mutasi, rotasi, promosi dan demosi ini, lanjut dia, telah dilandasi dengan pertimbangan yang objektif serta evaluasi, koreksi dan review atas kinerja yang telah dilakukan aparatur terkait dengan melakukan pendekatan yang berorientasi pada capaian suatu tujuan.


"Tidak ada keharusan seseorang aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai negeri (PNS) itu harus menjadi pejabat atau bertugas pada tempat tertentu. Sebab, ketika pertama dilantik sebagai ASN, kita sudah menyatakan untuk siap ditempatkan di mana saja dan akan setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 serta harus mendahulukan kepentingan negara dan dinas di atas kepentingan pribadi dan golongan," ujar Suhatri Bur.



Ia pun mengajak semua aparatur melakukan introspeksi diri. "Apakah semua yang Anda ikrarkan saat pengambilan sumpah menjadi PNS sudah Anda laksanakan dengan sungguh-sungguh? Kalaupun sudah, kami yakin hal itu belum dilaksanakan secara maksimal. Artinya, sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, kita wajib memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Karena, tugas utama seorang ASN atau pegawai negeri itu adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik pelayanan administrasi pemerintahan maupun pelayanan dalam bentuk pembangunan dan pemberdayaan."

Suhatri Bur mengingatkan seluruh pejabat yang diambil sumpahnya dan dilantik supaya mengawali tugas di tempat yang baru dengan niat tulus dan semangat baru serta berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sebab, dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing jabatan harus mengacu kepada rencana pembangunan jangka menengah yang sudah disepakati bersama dan ditetapkan sebagai peraturan daerah. 



"Semua itu tidak mungkin bisa terwujud, tanpa adanya keseriusan dan komitmen dari kita semua untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik," katanya lagi.


Sebagai tindak lanjut dari pelantikan pada hari ini, bupati menyatakan akan terus melakukan evaluasi terhadap kinerja masing-masing. 


"Buatlah inovasi dalam mengefisienkan dan mengefektifkan pekerjaan serta selalu berkreasi dan berkolaborasi dalam pelaksanaan program kerja dengan niat karena Allah ﷻ semata dan demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Padang Pariaman sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati, yaitu Padang Pariaman Berjaya, kabupaten yang unggul berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya," pinta Suhatri Bur.



Ke-64 pejabat adminisator yang dilantik bupati terdiri dari camat, kepala bagian (kabag), sekretaris perangkat daerah dan kepala bidang (kabid). Di antaranya Dion Pranata SSTP MM sebaga Camat Lubuk Alung, Zarmiati (Upik) SAP (Camat Padang Sago), Ir Firman Suheri MM (Camat V Koto Kampung Dalam, Syukur SE (Camat V Koto Timur) dan Syafrimen SE MM (Camat 2x11 Kayutanam).


Selanjutnya, Fauzil Irawadi ST MT (Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), Fafdal Andrianos ST MT SDA (Kabag Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah), Yusra Zein S Sos MM (Sekretaris Inspektorat), Dedi Spendri S Sos MM (Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) serta Irawati Febriani SP MSi (Kabid Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan). (Zakirman Tanjung)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama