Pesantren Ramadhan 1445 H SMA 1 Banuhampu, Aries Supardi : Melatih Para Siswa Untuk Menjadi Kebiasaan

Nasrun
0



Para siswa SMA 1 Banuhampu laksanakan pesantren ramadhan 1445 H 20 Maret 2023


BUKITTINGGI, Canangnews- SMA Negeri 1 Banuhampu Kabupaten Agam mengadakan Pesantren Ramadhan 1445 H,  yang dimulai dari tanggal 16 Maret sampai 4 April 2024,  diikuti oleh Siswa kelas X dan XI, di dua masjid di Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Diantaranya Masjid Jamik Sungai Tanang dan masjid Jami' Pakan Sinayan Agam.


Kepala SMA Negeri 1 Banuhampu Agam, Aries Supardi, menerangkan, bahwa dari pelaksanaan Pesantren Ramadhan (PR) bagaimana para siswa setelah nanti mereka melaksanakannya menjadi suatu kebiasaan yang bermanfaat, dan pada malam harinya dirumah atau dilingkungan masing-masing.


"Mudah-mudaham kedepan, sudah menjadi kebiasaan bagi mereka, bukan adanya unsur keterpaksaan, tapi sudah menjadi kebutuhan," ujarnya, di SMA 1 Banuhampu Pakan Sinayan (20/3/2024).


Adapun, lanjut Ari├Ęs, materi penyampaian pesantren ramadhan, berbeda tema setiap.harinya diantaranya :


1. Praktek penyelenggaraan jenazah.

2. Mendidik anak di era digital.

3. Ujian tulis, lomba MSQ dan penyelenggaraan jenazah.

4. Nasionalisme dan anti korupsi.

5. Bahaya prilaku menyimpang dan penanggulannya.

6. Bahaya rokok

7. Bahaya syrik

8. Keutamaan hikmah shalat fardhu. dan lain-lain.

Kepala SMAN 1 Banuhampu, Drs, Aries Supardi di ruang kerjanya/ N

Sementara, nara sumber, Ustadz Hasbi Cinta Rasul, mengatakan, tema pada hari itu, adalah" Mengambil keteladanan sultan Muhammad Al Fathih". Menampilkan dengan multi media, bagaimana kisah penaklukan negeri Konstantinopel/ Romawi timur pada masa itu. 1453 Hijriah.


"Hingga hadist, mukjizat nabi Muhammad, SAW, 850 tahun sebelumnya, bisa diwujudkan oleh kaum muslimin, melalui Sutan M.Alfathih dan pasukannya," sebut Ustad Hasbi di Masjid Jamik Sungai Tanang, Banuhampu Agam, Rabu (20/03).


Menurutnya, yang didampingi guru pembina PR, Amris, purpose dari materi ini, anak-anak bisa mendapatkan motivasi dan semangat yang bisa ditiru dari M.Alfathih. Menjadikan rasulululah sebagai teladan, sumber inspirasi, kemudian menancapkan sebuah cita cita.


"Bagaimana Alfathih, melakukankannya dengan Hard work, atau kerja keras menjaga kwalitas hubungannya dengan Allah, SWT melalui Pray hard," Mudah-mudahan para siswa merasa termotivasi menjadi bangga dengan agama Islam," pungkasnya.


( KH)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top