Buka Pelatihan APBDesa, Bupati Inhu Rezita Ajak Maksimalkan Pembangunan Desa

 


INHU canangnews.com - Bupati Inhu Rezita menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Perencanaan Penyusunan APBDesa Tahun Anggaran 2024 yang diselengarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Inhu.


Kegiatan yang dilaksanakan di Meeting room Hotel Furaya, Pekanbaru itu diikuti oleh seluruh kepala desa dan kepala dusun se-Kabupaten Indragiri Hulu.


Kadis PMD Roma Doris dalam laporannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan diadakannya pelatihan ini sebagai penguatan kapasitas Aparatur Pemerintah Desa, sinergitas penyusunan dan penyelengaraan kebijakan desa dalam perancangan APBDesa tahun 2024.



Sementara itu, Bupati Rezita dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada kepala desa maupun perangkat desa yang telah membantu Pemerintah Kab. Inhu dalam mewujudkan Penghargaan 'Lencana Bakti Desa Pertama'

dalam mendorong percepatan pembangunan desa.


"Saya mewakili Pemkab Inhu mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan seluruh pihak yang terlibat atas komitmen bersama mendorong percepatan pembangunan desa mencapai status Mandiri, Maju dan Berkembang," tutur Rezita.


Diketahui saat ini 103 desa di Kabupaten Inhu telah memenuhi kategori sebagai Desa Mandiri, Maju, dan Berkembang. Kemudian, Bupati Rezita memasangkan Pin kepada 14 kepala desa dengan predikat Desa Mandiri Tahun 2023.


"Tentunya harapan kami dengan adanya penghargaan ini dapat memberi penyemangat bagi kita untuk semakin memajukan desa-desa di Kabupaten Inhu," tambah Rezita.


Rezita juga menghimbau kepada seluruh perangkat desa untuk mengembangkan program-program desa yang lahir dari musyawarah dan hasil diskusi yang menomorsatukan aspirasi masyarakat.


"Kita juga harus melihat isu-isu yang berkembang ditengah masyarakat, sehingga perencanaan oenyusunan APBDesa ini dapat menghasilkan program-program yang melayani masyarakat," ujar Bupati Rezita.


Mengenai percepatan pembangunan desa, Rezita mengatakan bahwa tahun 2024 setiap kantor desa akan diwajibkan untuk mengirimkan data terpadu desa,


Dengan harapan dapat lebih memudahkan Pemkab memantau data dilapangan dan menciptakan program tepat sasaran dalam menyalurkan bantuan.


"Saya harap Bapak/ibu bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik dan dapat menyerap ilmu yang didapat, sehingga dapat membawa perubahan besar bagi desa di Kabupaten Inhu yang kita cintai, Dengan mengucapkan Bismillah Pelatihan Penyusunan APBDesa Inhu Tahun 2024 saya nyatakan resmi dibuka," tutup Bupati Rezita membuka agenda pelatihan tersebut."Ref/ CN Riau

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama