Pemerintah dan Para Pedagang Makan Basamo di Kota Bersejarah

Nasrun
0

 

Wako Bukittinggi duduk bersama para pedagang di Pasa Ateh Bukittinggi/Foto.KH


BUKITTINGGI,Canangnews.com - Dalam rangka menyambut HUT RI Ke- 77.Walikota Bukittinggi duduk bersama dengan para pedagang di pelataran samping "pasa ateh" yang merupakan pusat perbelanjaan warga kota Bukittinggi berada tepat di jantung kota itu. Rabu,17 Agustus 2022.


"Tepat beberapa waktu sebelum 17 Agustus 1945, karena waktu itu Bukittinggi masih diduduki oleh Jepang, masyarakat, atau kelompok-kelompok tua memasang bendera dirumah, tapi dicopot kembali oleh tentara-tentara Jepang kala itu, "papar Wako Bukittinggi Erman Safar.


Lalu beberapa belas hari kemudian anak-anak muda setelah kemerdekaan 17agustus mengadakan rapat di salah satu kantor di kampung cino Bukittinggi, untuk membicarakan kapan kota ini memproklamirkan kemerdekaan, dan sepakat seluruh pemuda untuk memasang bendera merah putih di puncak jamgadang, yang atapnya masih seperti kuil 'SITO' Jepang kala itu.


Menurutnya, saat ini masyarakat harus meningkat ekonominya, apapun kondisinya, penghasilan harus bertambah, generasi harus berubah.


"Kita semua harus saling menjaga nama kota kita, hampir 2 juta pengunjung setiap tahunnya datang kesini, baik itu kebersihan, kenyamanan dan pelayanan, maka saling mengingatkan ke pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan,"harapan walikota Bukittinggi.


Wako Erman didampingi Wawako Marfendi,Kadis koperasi dan UKM Nauli Handayani beserta stafnya, Camat Guguk Panjang Yeltrizon,Lurah benteng pasar atas beserta rombongan lainnya


Persatuan Pedagang Kaki Lima (P2KL) Pasar Atas Bukittinggi juga menggelar berbagai kegiatan di hari HUT RI ini.


Tidak berhenti sampai di situ, kemeriahan perayaan Hari Kemerdekaan dirasakan pula melalui lomba–lomba tradisional yang diselenggarakan setelah upacara bendera.


Ada beberapa perlombaan yang digelar, yaitu lomba makan kerupuk, balap karung, joget , tarik tambang dan juga diikuti oleh para pedagang, tamu yang datang pun berpartisipasi pada lomba–lomba tersebut.


Nauli Handayani kadis koperasi dan UKM kota Bukittinggi mengatakan, melalui kegiatan ini mari kita bangkitkan kembali kebersamaan dalam pemulihan ekonomi agar kita betul-betul merasakan kemerdekaan yang hakiki,"tutur kadis koperasi dan UKM itu.


Noviandri ketua P2KL Pasar Atas mengatakan. Pelaksanaan makan bersama yang dilaksanakan di pelataran Bangunan Pasa Ateh ini isyarat..."Basamo Dalam Keadaan Susah dan Senang  Panas  Maupun Hujan Tetap Bersama-sama ,"tutur Noviandri.


"Kemeriahan perayaan Hari Kemerdekaan ini tidak luput dari upaya kita untuk terus melestarikan tradisi dengan rasa bangga dan cinta tanah air," pungkas Noviandri ketua P2KL Pasar Atas Bukittinggi.


(Nas)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top