Diisi Kader Lansia, Ketua Bidang Pokja IV TP PKK Padang Pariaman Nyatakan Takjub Terhadap Dasa Wisma

0

 


Kayutanam, CanangNews -  Ketua Bidang Kelompok' Kerja (Pokja IV) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Padang Pariaman Yanti Herawati mengapresiasi Kader Senior Dasa Wisma Merpati Putih di Korong Pasa Tangah, Nagari Kayu Tanam Kecamatan 2v11 Kayu Tanam.



Apresiasi itu dikemukakan Yanti ketika memimpin Tim Penilai saat mengunjungi Dasa Wisma Merpati Putih berprestasi dengan 10 Program Pokok PKK hari penilaian  yang ke-3 yaitu di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Jumat (11/3/2022). 



Mewakili Ketua TP PKK Kabupaten Padang, Yanti Herawati pimpin langsung Tim Penilai dari PKK Kabupaten sekaligus sebagai Ketua Bidang Pokja IV. Ketika memberikan arahan,  Yanti menyampaikan pesan Ketua TP PKK ,bahwa semua korong harus membentuk dan mengaktifkan seluruh kelompok dasa Wisma guna menerapkan 10 Program Pokok PKK. 



Menurutnya, perlombaan ini sekaligus pembinaan terhadap kelompok-kelompok dasa wisma yang ada melalui pelaksanaan rutin 10 Program Pokok PKK, yaitu Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, Perencanaan Sehat guna meningkatkan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat 



Yang unik pada penilaian kali ini semua kader di kelompok dasa wisma berprestasi tersebut dari kalangan lanjut usia (lansia) yang sudah berumur sampai 75 tahun dan sudah mengabdi sebagai kader lebih dari 40 tahun. Seorang di antaranya nenek yang berumur 75 tahun menjabat sebagai sekretaris PKK Korong , nenek yang berumur 72 tahun menjabat sebagai bendahara. Kedua kader PKK ini meskipun sudah uzur namun memiliki semangat yang sangat tinggi untuk semua kegiatan PKK serta memiliki pencatatan yang rapi dan lengkap.



"Alhamdulilah... ibu-ibu kadernya sangat bersemangat meskipun sudah ada kader yang usianya 75 tahun dan tak tanggung-tanggung menjabat sebagai sekretaris PKK nagari dan usia 67 tahun sebagai bendahara PKK nagari. Begitu juga ketua dasawisma-nya, Ibu Des, pun sudah lansia. Salut dengan semangat ibu-ibunya...Usia tidak menghalangi semangat mereka untuk tampil dan aktif menggerakkan Kelompok Dasa Wisma Merpati Putih ini," ujar Yanti yang juga Ketua Dharma.Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Padang Pariaman ini. 


Istri Rudy R Rilis - Sekdakab Padang Pariaman ini mengingatkan agar kegiatan 10 Program Pokok PKK yang telah dilaksanakan selama ini bisa tetap diteruskan oleh kader-kader muda sebagai penerus di Nagari Kayu Tanam.



Terlihat kreatifitas kader dalam pemanfaatan hasil taman dan kebun. Antara lain rangkaian bunga hias di meja, pemanfaatan pekarangan rumah sudah tertata antara tanaman dapur serta toga serta taman korong. 



Pada kesempatan itu Yanti ikut mengunjungi setiap rumah dalam rangka penilaian kelompok dasa wisma. Ia menyatakan harapan, khususnya di program Pokja IV dalam peningkatan keluarga sadar gizi melalui pemenuhan asupan gizi seimbang dari hasil pemanfaatan pekarangan yang disebut dengan istilah "Isipiringku isi kebun ku"



Di sisi lain semua ibu-ibu kader pun  menyuarakan harapan mereka kepada tim penilai agar memberikan penilaian dan hasil ydasa wisma mereka. wisma mereka. (Ferawati SGz)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top