Padang - Painan Macet Total, Banjir dan Longsor di Beberapa Titik

Macet Menjelang Duku, Koto XI Tarusan

Pesisir Selatan, CanangNews - Banjir yang terjadi di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa (18/12/21) akibat meluapnya sungai Batang Tarusan dan limpahan air bukit taratak, selain merendam ruas jalan Padang-Painan ternyata juga merendam banyak rumah warga.

Kondisi curah hujan yang sangat tinggi mengakibatkan Banjir dan longsor di beberapa titik Kenagarian kecamatan Koto XI Tarusan. Sejumlah nagari di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dilanda banjir akibat hujan yang sangat deras dalam dua hari ini yang melanda daerah setempat sejak Kamis pagi.

Hal tersebut diungkapkan Camat Koto XI Tarusan, Yudi Andri SY.SH.M.Si di lokasi Kejadian Banjir Kampung Cumateh, menurutnya kawasan Pasar Minggu Duku Cumateh, Duku Utara, Jinang dan Batu Hampar Selatan serta Batu Hampa, Kapuh Utara, setara naggalo, terparah mengalami banjir.

Diperkirakan ada puluhan rumah warga yang terendam di Cumateh dan puluhan lainnya di kawasan Pasar Minggu serta Duku Cumateh, Duku Utara, Jinang dan Batu Hampar Selatan serta Batu Hampa, Kapuh Utara, Setara Nanggalo dan Longsor Di KBKA Sungai lundang serta Jalan Batu Patah menuju Cumateh mengakibatkan tidak bisa akses di lalui kendaraan. tuturnya.

Akibat curah hujan yang tinggi terjadi sekitar jam 12.00 WIB Jumat, ( 18/12/21), mengakibatkan air bah sudah memasuki rumah warga Hingga saat ini pihak BPD terus memantau perkembangan di lapangan dengan menjalin komunikasi yang intens dengan wali nagari dan camat di kecamatan Koto XI Tarusan.

Demikian camat Koto XI Tarusan, Kepada masyarakat ia berpesan dan menghimbau untuk terus waspada, terutama mereka yang bermukim di sepanjang bantaran sungai mengingat hingga malam ini daerah setempat masih dilanda hujan. Ujarnya

"Sebaiknya barang-barang berharga dan dokumen penting diletakan di tempat yang agak tinggi atau di lokasi yang mudah dijangkau," tambah dia.

Sebelumnya sekitar tahun lalu, dikawasan Pasar Minggu Duku pernah dihantam banjir yang mengakibatkan ruas jalan Padang-Painan saat itu putus total. Setelah itu dilakukan perbaikan dan normalisasi terhadap sungai tersebut.

Namun saat ini karena tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Pesisir Selatan membuat Sungai Batang Tarusan meluap dan merendam ruas jalan serta sejumlah rumah warga yang ada di dekat sungai tersebut. Dalam peristiwa banjir ini tidak ada korban jiwa, namun Warga Membutuhkan Bantuan Sembako dan alhamdulillah dari pemkab pessel melalui Sekda kab sudah turun langsung meninjau lokasi banjir serta membawa bantuan makanan dan juga pada saat ini juga akan datang bantuan dari kemensos tutup Camat. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama