Wakili Bupati, Kapolres Tutup Sumarak Alek Anak Nagari


Parit Malintang, CanangNews - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha menutup secara resmi acara Sumarak Alek Anak Nagari bertempat di Aula Kantor Bupati - Parit Malintang, Kamis (4/11/2021). 



Dalam kata sambutannya, Kapolres Dian Nugraha menyatakan sangat suprise dan mendapat penghargaan luar biasa karena diminta oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mewakilinya menutup secara resmi iven kebudayaan ini. 



Menurutnya, budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah yang  diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Bentuk lain dari kata budaya adalah kultur yang berasal dari bahasa Latin yaitu cultura. 



"Dalam kebudayaan ada seni atau cara melakukan dan mengemukakan sesuatu, seperti seni mengolah, seni menilai dan seni menyampaikan pendapat. Semuanya tentang seni. Kalau tanpa seni, semuanya datar saja," ujar Dian Nugraha yang ikut menyumbangkan suara emasnya menghibur para peserta.



Sebelumnya, kegiatan Sumarak Alek Anak Nagari ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman Drs Rahmang MM di tempat yang sama, Selasa (2/10/2021) -- Wabup Rahmang: Pelestarian Budaya dalam Sumarak Alek Nagari 



Acara penutupan Sumarak Alek Anak Nagari ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs H Anwar MSi, Kepala Bidang Kebudayaan Suhatman SPd MSi serta para peserta yang tampak harap-harap cemas menunggu pengumuman pemenang.



Untuk Festival Randai, tim juri yang terdiri dari Indrayuda SPd MPd PhD, Mahatma Muhammad MSn dan Hendri Yusuf MPd menetapkan juara pertama Sanggar Seni Anak Rang Mudo Kecamatan Lubuk Alung, juara kedua Sanggar Seni Tuah Sepakat Kecamatan Lubuk Alung dan juara ketiga Sanggar Seni Al-Barokah Kecamatan Lubuk Alung.



Untuk Festival Penyanyi Lagu Pop Minang, tim juri yang terdiri dari Benyamin Konyanan, Syafri Novera dan Hendriyandi Daryu Satrya menetapkan juara pertama Zhifana P Allaysa, juara kedua Yossy Novriza dan juara ketiga Peren Copra. 



Sedangkan untuk Festival Pasambahan Adat, tim juri yang terdiri dari Abdul Gani.Arif, Suparman dan Kamal Guci menetapkan juara pertama Grup Rimbo Karambia dari Kecamatan Ulakan Tapakis. juara kedua Grup Sikabu Saiyo dari Kecamatan Lubuk Alung dan juara ketiga Grup Sarasah Batajun dari Kecamatan Batang Anai.  (ZT)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama