Wabup Rahmang: Pelestarian Budaya dalam Sumarak Alek Nagari

0

Parit Malintang, CanangNews - Pelestarian budaya harus terus ditingkatkan agar budaya tersebut tetap terjaga dan tidak tergerus oleh perkembangan zaman. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman Drs Rahmang MM saat membuka acara Sumarak Alek Anak Nagari di Aula Kantor Bupati - Parit Malintang, Selasa (2/10/2021).



Ia memberikan apresiasi kepada seluruh panitia pelaksana dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ini.



"Pendidikan dan kebudayaan merupakan pilar utama untuk mengubah cara berfikir masyarakat. Apabila pendidikan maju maka seluruh aspek negara akan maju sehingga segala tatanan kehidupan akan lebih baik, serta pendidikan yang maju juga dapat merubah pola pikir yang lebih rasional maka kemakmuran masyarakat akan cepat dicapai, karena tujuan akhir dari negara yakninya masyarakat yang adil dan makmur," ujar Rahmang.



Ia menambahkan, masyarakat Padang Pariaman memiliki kebanggaan pada kebudayaan karena ketika berbudaya maka berbanding lurus terhadap sikap dan perilaku mereka. Padang Pariaman mengutamakan kebudayaan karena dapat mengukur sikap dan perilaku yang berbeda.



"Mari kita pupuk dan tingkatkan budaya terkait kesenian anak nagari yang merupakan tanggungjawab kita bersama agar bisa terus lestari dan tidak tergerus oleh zaman, mendapatkan pengetahuan tentang budaya tidak hanya melalui pendidikan formal saja, namun juga bisa didapatkan pada pendidikan informal seperti bisa didapat di balairung dan perkumpulan antar masyarakat, dimana pada kesempatan itu yang tua lebih dapat berbagi ilmu kepada yang lebih muda terkait kesenian dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Padang Pariaman," pinta Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini.



Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs Anwar MSi selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyebutkan tujuan pelaksanaan sumarak alek anak nagari ini antara lain sebagai upaya untuk pelestarian kesenian daerah.



"Acara ini terdiri 3 bagian yakni lomba  nyanyi lagu pop minang, pasambahan adat, dan randai yang diikuti oleh 30 orang peserta, dimana peserta lagu pop minang tidak hanya berasal dari Kabupaten Padang Pariaman namun juga daerah di luar Padang Pariaman seperti Padang Panjang, Pesisir, dan Solok, untuk peserta pasambahan adat peserta bearasal dari utusan kecamatan se Kabupaten Padang Pariaman, dan untuk peserta randai berasal dari sanggar seni yang ada di Kabupaten Padang Pariaman dengan Waktu pelaksanaan dari tanggal  2 hingga 4 November 2021," terangnya



Acara pembukaan Sumarak Alek Anak Nagari ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat Dra Gemala Ranti MSi, Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis, Ketua GOW Yusneli Erza, Ketua Dharmawanita Persatuan Yanti Herawati Camat dan Kepala SMP se-Kabupaten Padang Pariaman, (R/ZT/Ade)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top