Kepala Diskominfo Zahirman Paparkan “intan Bernik” pada Seminar RPP

0

Paritmalintang, CanangNews -- Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II Angkatan XXIII LAN-RI Tahun 2021 memasuki tahap seminar rancangan proyek perubahan. Seminar yang dilaksanakan secara virtual ini diikuti oleh 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang yang berasal dari seluruh Indonesia, Rabu (15/9/2021).


PKN Tk II ini merupakan kerja sama antara Badan Diklat D.I Yogyakarta dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI). PKN ini mengunakan metode Pembelajaran Blended Learning, berlangsung dari tanggal 2 Agustus s.d 19 November 2021.


Hadir sebagai penyampai materi pada kegiatan ini, di antaranya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Padang Pariaman Zahirman S Sos MM. Sedangkan sebagai mentor Bupati Suhatri Bur, Coach Dra Purwastuti MBA dan Penguji Sumadi SH MH.



Seminar Rancangan Proyek Perubahan (RPP) dilaksanakan setelah melalui tahap pembimbingan secara virtual. Setiap peserta wajib menyerahkan RPP yang nantinya merupakan Proyek Perubahan di Organisasi Perangkat Daerah masing-masing.


Dalam pelaksanaan seminar proyek perubahan tersebut, seluruh peserta memaparkan ide proyek perubahan yang mereka gagas. Pemaparan setiap peserta berlangsung sekitar 45 menit yang terdiri atas penyajian, coach dan tanggapan penyaji. 


Zahirman, mengangkat judul RPP: Optimalisasi Pelaksanaan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasiskan Elektronik) melalui INTAN BERNIK di Padang Pariaman. RPP  ini siap ditampilkan dalam seminar setelah melalui bimbingan beberap kali dari Coach Dra Purwastuti, MBA.


Dalam pemaparannya, Zahirman mengatakan, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman harus memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk mempercepat seluruh proses birokrasi, terutama dalam melayani masyarakat. Internet of Thing (IoT), Artificial Intelligence dan Big Data sudah semestinya menjadi perioritas. 


"Untuk mewujudkan transformasi e-Government menuju i-Government tentu harus dengan mengoptimalkan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasiskan Elektronik. Oleh karena itu, dalam RPP ini saya melakukan inovasi Pembangunan Platform Aplikasi Layanan Terpadu yang terintegrasi dengan nama INTAN BERNIK," jelas mantan Kabag Humas ini.


Sementara itu, Bupati Padang Suhatri Bur selaku mentor menyatakan apresiasi kepada Zahirman dan mendukung penuh RPP hasil inovasinya untuk dilaksanakan. “Saya akan menyediakan anggarannya dalam APBD untuk pelaksanaan RPP ini dan implementasi SPBE di Padang Pariaman,” katanya menegaskan yang diberikan aplus oleh penguji dan coach pada seminar tersebut.


“Membangun Padang Pariaman pada era revolusi industry 4.0 tidak bisa lagi secara manual, namun sudah harus menggunakan teknologi cyber dan otomatisasi, dan ke depannya tentu dapat mewujudkan Internet of Things dan Big Data,” terang Bupati yang akrab dengan sapaan Aciak ini, mengakhiri tanggapannya secara daring. (*/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top