IAIN BATUSANGKAR GELAR INTERNATIONAL CONFERENCE, WAPRES MA’RUF AMIN SEBAGAI KEYNOTE SPEAKER

 


Batusangkar (CanangNews). Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar gelar International Conference on Humanity, Law and Sharia II (2nd ICHLaSh) menghadirkan Prof. K.H. Ma’ruf Amin Wakil Presiden Republik Indonesia melalui konferensi video.


Dalam arahannnya, Wakil Presiden RI menyambut baik dengan diangkatkannya 2nd ICHLaSh oleh Fakultas Syari’ah IAIN Batusangkar dengan tema “Local Culture, Revelation, and Principle of Moderation in Islamic Law” ini semua sangat dibutuhkan oleh semua masyarakat Indonesia saat ini dan mengajak para akademisi dan cendekiawan mengambil peran besar dalam mencari solusi atas berbagai masalah yang dihadapi bangsa Indonesia dengan pendekatan keagamaan yang moderat.


“Para akademisi dan cendekiawan untuk bisa mengambil prakarsa lebih besar guna mencari solusi terbaik dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa, dan negara dengan solusi keagamaan (makharij diniyah),” ajak Wapres saat sebagai Keynote Speaker, melalui konferensi video di kediamannya Jakarta Pusat, Rabu (23/06/2021).


Wapres juga berharap solusi yang dihadirkan para akademisi dan cendekiawan yang dibangun dengan pendekatan keagamaan yang moderat (tawashuthy/wasathy) nantinya tidak hanya menjadi solusi kenegaraan dan kebangsaan tetapi juga solusi keumatan.


“Melalui cara berpikir seperti itu, selain permasalahan dapat terselesaikan dengan baik, juga kemungkinan terjadinya konflik atau perpecahan dapat dihindari,” ujarnya.


Secara khusus Wapres berpesan agar para akademisi dan cendekiawan terus berperan dalam upaya penanganan Covid-19.




Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc. sampaikan, dengan hadirnya para pakar dari berbagai negara dan berbagai daerah  ke forum ini, baik sebagai participant, presenter dan speker baik pendidik, peneliti, akademisi dan mahasiswa, akan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemajuan IAIN Batusangkar.


“Semoga saja, seminar yang sangat strategis akan bermanfaat bagi umat dan mampu menjawab tantangan hari ini, serta memberikan solusi pada pembagunan masyarakat Islam yang modern sesuai perkembangan zaman saat ini”, harapnya.


Sementara itu Dekan Fakultas Syari’ah IAIN Batusangkar Dr. H. Zainuddin, MA mengatakan dengan ditetapkan tema ini pada 2nd ICHLaSh tersebut melihat berkembang saat ini, mengenai moderasi Islam, lalu kita coba menterjemahkan dalam hukum Islam melalui wahyu dan budaya lokal.


Megingat moderasi Islam, belakangan ini intens dibicarakan bahkan menyita perhatian para tokoh masyarakat dan para ulama, termasuk akademisi dan berbagai media namun Moderasi Islam tersebut masih tetap debatebel karena banyak dilihat dari berbagai perspektif yang berbeda, ungkapnya.


Sementara itu Ketua Panitia Seminar Internasional Dr. Elsy Renie mengatakan, seminar ini menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya masing-masing yang menyangkut tema yang akan kita bahas dalam dua hari kedepan yakni 23 – 24 Juni 2021.


Pembicara yang kita hadirkan dari berbagai negara yakni Dr. Imam Shamsi Ali, Lc, MA, President of Nusantara Foundation, USA. Assoc. Prof. Dr Nik Salida Suhaila Nik Saleh. Dari USIM Malaysia. Assoc. Prof. Dr.Yusdani M.Ag, dari UII Yogyakarta Indonesia. Assoc. Prof. Dr. Muhammad Rawasyidah, Mu'tah University dari Jordan, dan Assoc. Prof. Dr. Hasan 'Alami, Ibnu Thufail dari Maroco, pungkasnya.erie

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama