Buka Musrenbang Kabupaten, AWR Ingatkan Tatanan Pembangunan di Masa Pandemi Covid-19


 Agam, -Bupati Agam Dr H Andri Warman, resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Agam, Rabu (2/6) di Lubuk Basung.

Dalam kesempatan itu, bupati mengingatkan tantangan pembangunan di masa pandemi Covid-19.

“Saat ini kita memasuki dinamika pembangunan yang cukup kompleks sebagai dampak dari globalisasi. Ditambah lagi pada masa pandemi Covid-19 ini begitu besar permasalahan dan tantangan pembangunan ke depan,” ujar bupati dalam arahannya saat membuka acara tersebut.

Bupati AWR, didampingi Wakil Bupati Irwan Fikri, SH, mengatakan, apalagi saat ini terbatasnya sumber daya pembangunan khususnya anggaran.

Kondisi tersebut, jelas bupati, akan berakibat pada pelaksanaan program-program unggulan dan strategis Kabupaten Agam yang telah disusun dengan baik.

Namun, bupati menekankan bahwa dengan kondisi ketidakpastian akibat corona jangan sampai membuat pemerintah tidak melakukan apa-apa.

“Kita tetap bergerak maju dengan penuh kreativitas dan inovasi dalam menghadapi tantangan ini,” ujarnya.

Oleh sebab itu, jelasnya, sangat diperlukan penajaman program pembangunan, pemilihan prioritas yang sangat urgen (penting) untuk dirumuskan menjadi program atau kegiatan pembangunan yang efektif dalam upaya menjawab permasalahan pembangunan yang mendasar.

Seperti, program strategis yang dapat memberdayakan atau membangkitkan partisipasi masyarakat, meningkatkan perekonomian masyarakat, penanggulangan kemiskinan, membuka kesempatan kerja.

Demikian juga bidang pertanian, pendidikan dan kesehatan serta memperkuat pembangunan infrastruktur di nagari yang juga perlu mendapat prioritas dengan tetap mengedepankan pemerataan dan pertumbuhan yang berkualitas. (AY)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama