Legal Secara Administrasi Kenagarian, Dedi Herico Sah Sandang Gelar Datuk Hitam

0


 

Agam, -Dedi Herico resmi menyandang gelar Datuk Hitam pesukuan kaum Caniago di Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Rabu (26/5/21). Sementara, Yuzarlim St Zainal dinobatkan sebagai panungkek untuk pasukuan tersebut.

Dari pantauan awak media dilapangan, penyandangan gelar itu dilangsungkan dengan malewakan gala (penyerahan gelar-red) di kediaman pesukuan Caniago, dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) penanganan Covid-19 hingga berlanjut ke Balairong Kerapatan Adat Nagari (KAN) untuk pengukuhan, guna melegalkan gelar secara administratif kenagarian.

Dikesempatan itu, Ketua KAN Lubuk Basung, Novi Endri Dt Simarajo mengatakan, dengan telah diselesainya proses malewakan gala, baik secara adat ataupun administrasi, Dedi Herico telah sah menyandang gelar angku Dt Hitam di payung Suku Caniago.

"Kok yang kito angkek, lah kito sangkuikan ka rantiangnyo, alah disandakan pulo ka dahannyo, artinya angku D. Dt. Hitam sudah sah menjadi penghulu di suku chaniago," ucapnya.

Dengan diangkatnya angku Dedi Herico Dt. Hitam sebagai penghulu, diharapkan dapat menjaga sumpah yang sudah diambil.

Pihaknya berharap, Dedi Herico Dt Hitam dapat menjaga persatuan di kaumnya dan juga di nagari.

"Mari kita bersama-sama, kok ado nan tacicia, samo kito kumpuakan, kok kusuik samo-samo disalasaikan, itu yang kami harapkan kepada angku D. Dt. Hitam beserta perinduan yang hadir dalam pengukuhan ini," ulasnya. (P. Bgd)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top