Menteri PPN dan Bupati Agam Tebar Bibit Ikan Endemik di Danau Maninjau


 

Agam, -Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Dr. (HC) Ir. H. Suharso Monoarfa, tebar ikan endemik di Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Kamis (8/4).

Kegiatan ini dilakukan di sela kunjungannya ke Danau Maninjau yang dipusatkan di Objek Wisata Linggai Park, Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Penebaran ikan endemik ini juga dilakukan Bupati Agam, Dr. Andri Warman dan anggota DPR RI, Ny. Nurhayati Monoarfa.

Bupati Agam melalui Plt Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP), Edi Netrial Jum’at (9/4) mengatakan, ikan endemik yang ditebar yaitu ikan nilem sebanyak 2.000 ekor, bada 3.000 ekor dan betutu 50 ekor.

“Ikan itu merupakan sebagian dari biota endemik Danau Maninjau, yang mulai punah akibat tercemarnya air danau,” ujarnya.

Untuk itu, dalam upaya melestarikan kembali endemik ini, katanya perlu dilakukan penebaran supaya endemik Danau Maninjau kembali berkembang, yang dapat dinikmati masyarakat setempat.

Selain penebaran bibit, Kepala Bappenas beserta rombongan dan Bupati Agam itu, juga melakukan penanaman pohon di taman Objek Wisata Linggai Park.

“Bibit yang ditanam seperti mehoni dan kacang macadamia, dengan jumlah 20 batang,” sebut Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama