Silaturrahim di Batu Limo, Payuang Panji Suku Koto se-Dunia Terbentuk


Padangpanjang, CanangNews – Dilatari semangat dan keinginan untuk bersilaturrahim, Komunitas Suku Koto Minangkabau bertemu di Objek Wisata Alam Batu Limo, Kota Padangpanjang, Sabtu (6/3/2021). Ajang itu dihadiri sejumlah tokoh seperti Drs H Damsuar Dt Bandaro Putiah, Burmany Koto, Rudy Koto, Azwar Anas dan Nini Yanti. 


Menurut Damsuar, pertemuan berawal dari silaturrahim dan komunikasi melalui grup whatsapp. “Melalui komunikasi itu muncul usulan untuk bertemu. Maka, kami sepakat bertemu di Objek Wisata Alam Batu Limo.” 



Berdasarkan pemantauan Wartawan CanangNews, mayoritas peserta silaturrahim baru saling kenal secara fisik pada ajang pertemuan itu. Menjelang acara pokok yang mereka gelar secara lesehan di atas bentangan tikar, para peserta saling berkenalan satu sama lain. 

Dalam pertemuan itu para peserta mendaulat Damsuar sebagai pemimpin sidang. Mantan Wakil Bupati Padang Pariaman itu mengungkapkan pemikirannya untuk membentuk wadah dengan nama Payuang Panji Suku Koto Minangkabau se-Dunia. Wadah ini terbuka kepada seluruh orang bersuku Koto Minangkabau di manapun mereka berdomisili di seluruh dunia. 



“Semua kita yang hadir saat ini kita sepakati sebagai inisiator pembentukan Payuang Panji Suku Koto Minangkabau se-Dunia. Untuk selanjutnya, kita adakan pertemuan berikutnya guna membicarakan langkah-langkah yang diperlukan,” ujar Damsuar. 

Ia menegaskan, Payuang Panji Suku Koto Minangkabau se-Dunia bukan wadah atau organisasi-organisasi Suku Koto yang sudah ada, melainkan wadah untuk mempersatukan atau tempat berhimpun tanpa membawahi. “Jadi bukan menyatukan dengan makna melebur komunitas-komunitas yang sudah ada.” 


Semua peserta menyepakati melakukan pertemuan berikutnya di Kota Pariaman, Sabtu 3 April 2021. Masing-masing person yang hadir juga menyatakan kesediaan untuk menjadi koordinator  di wilayah kabupaten / kota masing-masing. 


Ia menambahkan, untuk pertemuan selanjutnya dibentuk team fasilitator dengan koordinator Dt Damsuar, Burmany, Zartosh, Fatimah dan Dwi Susanti, Sekretaris  Team Jufri debgan Wakil Sekretaris     : Calista serta Bendahara Jimmy Azta.



Rapat juga menyepakati Koordinator Kabupaten / Kota, antara lain Sawahlunto : Burmany, Piaman : Rudy Koto, Azwar Anas, Padang. : Zartosh, Padangpanjang : Anugrah, Jimmy Azta dan Agam.: Yusrinal Koto. Untuk daerah lain sedang diinventarisir oleh team. 


Pertemuan di Objek Wisata Batu Limo itu berakhir dengan makan siang bersama dan shalat dzuhur berjamaah yang diimani Damsuar. (ZT)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama