Tingkatkan kinerja dan prestasi, ini sederet pesan bupati rezita kepada Kepala OPD dan camat saat serahkan DPA-SKPD

 


INHU canangnews.com - Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi menekankan kepada seluruh kepala perangkat daerah agar meningkatkan kinerja yang terimplementasikan pada capaian prestasi.


Hal itu disampaikan Bupati Rezita saat menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kepada para Kepala OPD dan Camat, Senin (22/1/2024) di ruang rapat Narasinga.


Rezita mengungkapkan bahwa ada beberapa prestasi yang biasanya rutin diterima oleh sejumlah OPD. Namun tahun 2023 tidak diperoleh. 


"Untuk itu, ini perlu menjadi perhatian terutama kepada bapak/ibu kepala perangkat daerah untuk meningkatkan kinerja agar prestasi dapat kita peroleh dan tingkatkan kedepannya," ujarnya.



Dalam sambutannya, Bupati Rezita juga minta dengan telah diserahkannya DPA-SKPD masing-masing OPD segera mempersiapkan segala bentuk administrasi berkaitan dengan pelaksanaan DPA-SKPD tersebut.


Sebagaimana diketahui, DPA-SKPD menjadi dokumen awal dalam pelaksanaan APBD tahun 2024 yang merinci pada rencana pendapatan, belanja dan rencana pembiayaan yang menjadi dasar pelaksanaan anggaran.


Lebih lanjut, Bupati Rezita juga mengatakan bahwa untuk tahun 2023, berdasarkan hasil evaluasi akuntabilitas instansi pemerintab daerah oleh Kemenpan RB, Pemkab Inhu kembali meraih predikat B.


"Ini menunjukkan kinerja birokrasi sudah berjalan baik. Namun saya minta ini terus ditingkatkan dan berharap tahun 2024 perolehan nilai Sakip bisa mencapai predikat BB," tegasnya.


Melalui pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan yang baru dimulai, Bupati juga menekankan kepada seluruh OPD agar lebih jeli untuk melihat kondisi di lapangan.


"Dengan begitu, kita bisa menentukan apa-apa saja yang bisa kita masukkan sebagai prioritas di tahun 2025 mendatang," kata Rezita.


"Dan kepada camat, menyikapi kondisi banjir uang masih terjadi, saya harap kepada camat bisa melaporkan titik-titik dan sarana apa saja yang mengalami kerusakan," tutupnya.


Sebelumnya, dalam laporan Kepala BPKAD Riswidiantoro terungkap bahwa pencapaian pelaksanaan APBD tahun 2023 per 31 desember 2023, untuk realisasi pendapatan mencapai 108 persen.


Sementara untuk realisasi belanja mencapai 95,85 persen dari nilai anggaran APBD Perubahan 2023.


Menjadi rangkaian penyerahan DPA-SKPD, turut diserahkan juga SK UP dan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh kepala OPD dan camat, Sumber : Tim Prokompim Setda Inhu 2024." Ref CN / Riau

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama