Rakor Bersama Camat Dan Kepala Desa Se Inhu Buka Langsung Bupati Inhu Rezita Maylani

Canang Riau
0

 


INHU canangnews.com - Bupati Rezita membuka rangkaian Kegiatan Rapat Koordinasi Bupati bersama Camat dan Kepala Desa Se-Kabupaten Inhu Tahun Anggaran 2023, berpusat di Gedung Dang Purnama Rengat, Senin (18/09/2023).


Agenda kegiatan rakor tersebut diawali dengan acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat kepala desa Kabupaten Indragiri Hulu. 


Bupati Rezita secara langsung melantik 13 Kepala Desa hasil Pilkades yang disaksikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prov. Riau, Ketua Komisi Informasi Prov. Riau, Asisten, Staf Ahli, Jajaran Kepala Dinas Pemkab Inhu, Ketua PKK Inhu, dan seluruh tamu undangan.


Rezita kemudian menekankan kepada para kades agar dapat menjalankan roda pemerintahan dalam rangka pencapaian tujuan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 


"Mulai hari ini, saudara-saudara telah dipercaya mengemban tugas amanah serta tanggung jawab mengabdi membantu Pemerintah Kabupaten Inhu melaksanakan pembangunan desa diwilayah masing-masing," tegas Bupati Rezita.


Bupati Rezita berharap kepala desa yang telah dilantik dapat melaksanakan tugas mengenai penyelengaraan pemerintah desa, pembangunan desa, pemberdayaan maupun pembinaan masyarakat.


Dalam rangkaian acara itu Bupati Rezita juga memberikan bentuk penghargaan kepada desa-desa dan PKK desa yang telah meraih prestasi ditahun ini, dengan kategori lomba desa sampai penghargaan terhadap aset desa terbaik. Ditambah dengan pengumuman lomba HKG PKK dengan lima kategori.


Didepan hadapan para kades yang telah dilantik Bupati Rezita mengigatkan tentang transparasi desa, dimana masyarakat harus diajak ikut untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa.


Bupati Rezita menegaskan pada 11 poin catatannya dalam rangka membangun percepatan tata kelola desa yang transparan, Catatan itu berisikan arahan Bupati Rezita mengenai :

1. Percepatan pembentukan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID)

2. Implementasi transaksi non tunai pada pemerintah desa

3. Tata kelola aset desa

4. Program gerakan perunan angka stunting

5. Peningkatan SDM dan penguatan budaya literasi masyarakat

6. Tata kelola arsip desa

7. Pengelolaan data kemiskinan ekstrem ditingkat desa

8. Mendukung Kabupaten Inhu meningkatkan dan mempertahankan penghargaan Kabupaten Kota Layak Anak

9. Mendukung program transisi Paud ke SD yang menyenangkan

10. Memastikan kondusifitas wilayah masing-masing menjelang pemilu

11. Pencegahan Karhutla


Untuk mencapai segala poin tersebut, Rezita mengajak Dinas PMD, Camat, Kepala Desa, OPD terkait, dan pihak-pihak yang terlibat untuk menidaklanjuti melalui koordinasi maupun aksi-aksi nyata ditenggah masyarakat.


"Hal ini menjadi prioritas bagi kita, dan saya mendukung adanya kerjasama dari seluruh pihak terkait untuk berjuang bersama menciptakan masa depan yang lebih baik  bagi Kabupaten Inhu," tutupnya.


Pembukaan Rakor Bupati bersama Camat dan Kepala Desa hari itu juga diikuti dengan Launchingnya Aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Desa (SIPEDE) dan Sistem Informasi BUMDes Inhu Berdaya, Maju dan Jaya" Deby/ roli

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top