Apresiasi Pemko Terhadap IVA Test dan Layanan Kontrasepsi Jangka Panjang

Nasrun
0


IVA test disaksikan oleh Kadinas Kesehatan Linda Faroz dan Ketua TP PKK Ny.Fiona Erman Safar (Foto,pemkobkt)


Bukittinggi, Canangnews - Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Kesehatan, gelar pelaksanaan Gebyar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan pemeriksaan payudar klunis serta pemasangan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang. Kegiatan ini berlangsung di Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi Kamis (21/09).


Wali Kota Bukittinggi melalui Kepala Dinas Kesehatan, Linda Faroza, menerangkan, menurut penelitian, kanker tertinggi di Indonesia adalah kanker payudara dan kanjer leher rahim. Untuk itu, pemko Bukittinggi mengadakan gebyar IVA Tes dan layanab KB ini untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker serta meningkatnya motivasi masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.


"Pemerintah juga mengajak perempuan, untuk melakukan deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim," sebutnya.


Disampaikan, kegiatan IVA test ini diikuti sebanyak 360 orang dengan sasaran IVA Tea sadanis serta 90 0ranf sasaran peserta KB Jangka Panjang ( baik itu IUD maupun IMPLAN)," ulasnya.


Ketua TP PKK, Ny. Fiona Erman Safar, mengatakan, kanker leher rahim merupakan kanker terbanyak yang ditemukan oleh yayasan kanker Indonesia setelah kanker payudara. Menurut WHO 490.000 perempuan di dunia setiap bulannya dudiagnosa terkena kanker serviis, dan 80 persen berada dinegara berkembang termasuk Indonesia.


(KH)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top