Anjing Makhluk Yang Pandai Berterima Kasih

Anjing ini bersimpuh setelah saya beri beberapa potong roti.


Sijunjung, canangnews.com_Minggu, 03/09/2023 Meskipun air liurnya mengandung najis mughallazhah (berat) yang apabila bejana kita dijilat olehnya maka ia disucikan tidak hanya cukup dengan air saja tapi juga musti dengan tanah 7x banyaknya.


ويغسل الإناء من ولوغ الكلب والخنزير سبع مرات إحداهن بالترا


Bejana yang terkena jilatan anjing dan babi harus dibasuh 7 (tujuh) kali salah satunya dengan tanah (Kitab Matan Taqrib).


Akan tetapi Allah menciptakan segala sesuatu ada manfaatnya, jangan hanya melihat najisnya saja, coba kita lihat manfaat lainnya, ia makhluk yang amat setia, pandai berterima kasih, penciumannya luar biasa ia bisa dijadikan sebagai hewan pelacak.


Bahkan salah satu makhluk yang Allah ceritakan dalam Qur'an menemani 7 orang pemuda yang menyelamatkan imannya bersembunyi di dalam gua adalah anjing ini, namun sayang karena ia najis saja hingga kita musti berhati-hati terhadapnya.


Goresan saya ini bukan berarti menyuruh pembaca untuk memelihara anjing kemudian bebas saja ia keluar masuk di dalam rumah, ada memang kita diperbolehkan memelihara anjing diantaranya ; untuk berburu, penjaga sawah atau ladang, istilah fiqihnya Kalbun Mu'allimin.


Anjing yang sudah terpelajar, meskipun boleh sebaiknya tempat atau kandanganya dibikinkan agak jauh dari rumah dengan tujuan agar kita terjaga dari jilatan dan tidak bebas saja dia keluar masuk rumah kita dan hal-hal lainnya tentang engganya malaikat masuk rumah kita.


Malaikat rahmat ya, ini juga ada riwayatnya tapi malaikat maut tetap saja masuk meskipun berjejer anjing penjaga di rumah kita 😁 masalah ini juga dirinci oleh oleh para ulama ada kajian khususnya.


Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang pandainya makhluk yang satu ini berterima kasih, hal ini saya buktikan sendiri. Suatu ketika saat saya dalam perjalanan saya berhenti di tepi jalan sambil minum kopi dan beberapa potong roti, dari kejauhan saya melihat ada seekor binatang datang mendekati saya, ternyata anjing rupanya.


Dia berlari mengikuti saya, sesaat saya melanjutkan perjalanan meninggalkannya.


Saat itu saya bagi roti saya dengan melemparkannya, lansung ditangkapnya kemudian dia makan, saya lempar lagi dia makan juga hal itu terjadi beberapa kali. Ketika roti yang saya miliki habis anjing tersebut bersimpuh di depan kendaraan saya dengan menjulurkan dua kakinya.


Dia perhatikan saja saya, sesekali dia jilati bulunya, dia kembali melihat saya, dalam hati saya mungkin dia sedang butuh makan dan berterima kasih karena ada yang memberinya makanan. Hal itu terjadi cukup lama juga dia bersimpuh di depan saya.


Kemudian saya melanjutkan perjalanan sambil melambaikan tangan ke arahnya, ternyata dari belakang saya perhatikan dia mengikuti saya kurang lebih jarak 100 meter saya lihat melalui spion dia tetap berlari mengikuti saya. Masyaallah luar biasa hewan saja hanya diberi beberapa potong roti pandai dia berterima kasih.


Biarlah bertemu anjing dalam perjalanan tapi saling bertegur sapa dari pada bertemu manusia tapi yang keluar dari mulutnya hanya sumpah serapah saja 🙏

(PardiS_Anak Amak)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama