Disparpora Gelar Kejuaraan Olahraga Antar Ponpes se-Kabupaten Padang Pariaman

0
Lubuk Pandan, CanangNews - Kejuaraan olahraga antar pondok pesantren (ponpes) se-Kabupaten Padang Pariaman  berlangsung mulai Senin (17/7/2023). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Padang Pariaman.

Acara ini dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman Drs Rahmang MM di Lapangan Ponpes Subulussalam Lubuk Pandan, dihadiri oleh Anggota DPRD Mothia Azis Dt Yang Basa SH, Kepala Disparpora Muhammad Fadhly S AP MM, Kepala Kantor Kemenag Syafrizal MAg dan Camat 2x11 Enam Lingkung Dra Agusti Frami. 

Iven yang pertama kali dilakukan di kalangan pondok pesantren ini bertujuan untuk membina generasi muda agar menjadi insan yang sehat jasmani dan rohani melalui olahraga dan seni. 

“Santri mendapatkan porsi yang sama dengan para pelajar lainnya. Oleh karena itu, pembinaan olahraga di pondok pesantren perlu ditangani secara profesional,” Wabup Rahmang.

Ia menambahkan, dengan pelaksanaan kejuaraan olahraga antar ponpes se-Kabupaten Padang Pariaman ini, khususnya cabang olahraga pencak silat dan sepak takraw, diharapkan muncul bibit-bibit baru yang berkualitas dan berprestasi sehingga akan menjadi utusan atau perwakilan Padang Pariaman ke iven kejuaraaan tingkat nasional bahkan internasional.
 
Kepala Disparpora Muhammad Fadhly menjelaskan, iven yang baru pertama kali dilakukan ini diharapkan menjadi awal yang baik bagi iven-iven yang sama di tahun berikutnya, bahkan akan dikembangkan menjadi lebih luas. 

“Tahun depan kita merencanakan lagi iven seperti ini tetapi dengan peserta yang semakin luas cakupannya dan dengan jumlah cabang yang lebih banyak agar terjaring lebih banyak lagi calon-calon atlit baru,” ujar Muhammad Fadhly.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Bidang Olahraga Leni Marlina SPd melaporkan, kegiatan Kejuaraan Pondok Pesantren se-Kabupaten Padang Pariaman ini dianggarkan pada kegiatan Penyelenggaraan Multi Event dan Single Event Kabupaten/Kota Bidang Olahraga. 

"Kami menargetkan peserta untuk kejuaraan ini adalah santri dan santriwati dari pondok pesantren se-Kabupaten Padang Pariaman. Kami juga berharap acara ini berjalan dengan lancar dengan semangat olahraga yang menjunjung sportifitas," kata terang Leni.

Kejuaraan olahraga antar ponpes diikuti dengan antusias oleh para santri dengan mengusung tema "Gerak santri bangkit negeri" dan Subtema "Santun, sportif, indah dan religius". 

Kegiatan ini dimulai pada 17-21 Juli 2023 untuk cabang olahraga sepak takraw di Lapangan Futsal ACS Palak Atok, Sungai Abang, Kecamatan Lubuk Alung.

Sedangkan cabang olahraga pencak silat 18-20 Juli 2023 bertempat di Pondok Pesantren Subulussalam, Lubuk Pandan, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung. 

Sebagai penutup dari acara pembukaan ini, Wakil Bupati Padang Pariaman menyerahkan seperangkat alat olahraga secara simbolis dan melakukan tendangan pertama sepak takraw bersama Anggota DPRD Padang Pariaman Mothia Aziz sebagai tanda acara telah dibuka secara resmi. (ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top