In Memoriam Drs H Basril Taher

0
.      Catatan Irvan Khairul Ananda

Innalillahi wa innailaihi raji'uun. Selamat Jalan "Da Bas" Drs H Basril Taher (lahir tanggal 17 November 1945), putra Palinggam - Padang. Beliau wafat hari ini Senin (22/05/2023) atau bertepatan dengan 2  Dzulkaidah 1444 H pukul 17.00 di Yogjakarta ketika sedang ikut bersama Tur Pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Padang Panjang (Sumatra-Jawa-Bali). 

Sebelumnya beliau menghadiri Halal Bi Halal Sakato Tuo, Grup Pensiunan Pegawai Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar), Kamis 18 Mei 2023 yang lalu. Masih sehat  segar dan masih lantang suaranya ketika memberikan kata sambutan. Namun, kalau ditelusuri beberapa ungkapannya, memang sudah ada tanda-tanda bahwa beliau akan pergi. 

"Saya mau istirahat lagi... diserahkan lagi kepada yang muda!," katanya waktu itu.

Da Bas juga betbicara tentang pengadaan tanah kuburan, "Tidak usahlah kita pula yang tua-tua ini mengurus tanah kuburan, biarlah orang yang hidup saja yang mengurus."

Lalu beliau menyatakan: "Apakah tiga bulan lagi akan kita adakan pertemuan ini atau akan kita akhiri?"

Astaghfirullah....

Semua yang disampaikan "Da Bas" memang adalah poin-poin isi hatinya yang paling dalam, desakan hati nuraninya yang harus disampaikan kepada semua koleganya para pensiunan ini.


Da Bas merupakan empat serangkai dalam perkoncoannya di Pemprov. Sumbar ini dulunya: Pak Zainal Bakar (Ajo Elok), Pak Ali Amram (Pak Am), Bang Nazief Lubuk (Da Cip) dan Da Bas. Konco-konconya tersebut sudah lama pada "pergi", dan Da Bas yang baru "pergi" hari ini.

Jabatan terakhir almarhum di Pemprov. Sumbar adalah Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) setelah Pak Am (Ali Amran) pensiun. Tahun 1980-an Da Bas menjabat Kepala Bappeda Kota Padang Panjang, setelah itu diangkat sebagai Inspektur Wilayah Kabup Agam, setelah itu diangkat menjadi Kepala Dinas Pertambangan Provinsi Sumbar, kemudian diangkat sebagai Inspektur Wilayah Provi Sumbar. Sebelum menjadi Plt. Sekdaprov beliau diangkat sebagai Asisten Bidang Pembangunan (Asisten ll).

Almarhum meninggalkan anak: Lia, Ciin, I'at dan Tessa. Istri beliau Uni Jan (Zarnifa Asmara binti Zaidin Bakri) telah lebih dahulu "pergi" menghadap Ilahi Rabbi tahun yang lalu.

Rencana besok pagi, Selasa, jenazah akan diterbangkan dari Yogjakarta ke Pekanbaru dan dimakamkan setelah shalat dzuhur di Pekanbaru. 

Rumah duka di Pekanbaru:
Perum Bella Vista Garden 
Jl. Cemara Gading, Blok A Nomor 1, RT 08 RW 03, Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan Arengka, 
Pekanbaru - Riau 28294.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top