Sumpur Kudus Mengaji

Pilot Canang Sumbar
0

Sambut Ramadhan Masyarakat Sumpur Kudus Memadati Masjid.


Jemaah padati Masjid Nurul Yaqin

Sijunjung, CanangNews.com-Kamis, 09 maret 2023 selepas sholat maghrib saya berangkat menuju Sumpur Kudus, tepatnya ke Masjid Nurul Yaqin, di mana posisi masjid ini semula saya belum tahu karena memang ini undangan perdana saya.


Dari jauh saya mendengar ada suara ibuk-ibuk sedang baca al-qur'an, saya beranggapan mungkin itu tempatnya. Karena ragu di jalan saya bertemu dengan seorang jemaah, saya lansung bertanya, mak ini masjid yang mengadakan acara wirid itu ya mak?


Si ibu menjawab, ia nak jawabnya, ooo anak penceramahnya ya? iya mak, pardi ya? ia mak betul sekali. Masuklah nak ini tempatnya, saya parkir kendaraan kemudian saya masuk masjid.


Alhamdulillah saya senang sekali karena ada jemaah di dalam masjid sedang asyik "tadarus" ngaji bersama-sama yang dipimpin oleh seorang bapak-bapak dari balik hijab "tirai pembatas" antara laki-laki dan wanita.


Ibuk-ibuk tadarus menunggu waktu Isya

Karena ini menurut saya pemandangan yang unik saya abadikan. Kemudian saya salami jemaah laki-laki yang ada di dalam masjid itu.


Tak berapa lama masuklah waktu sholat isya, salah seorang jemaah lansung mengumandangkan azan, ini juga saya abadikan karena saya melihat bilalnya sudah agak berumur juga sih.


Bilal Masjid Nurul Yaqin

Sholat sunnah sambil menunggu jemaah yang lain datang, saat iqomah saya diminta untuk memimpin sholat berjamaah, awalnya saya agak berat juga maklumlah orang baru saya belum tahu amalan khas jemaahnya. Karena disuruh juga akhirnya saya maju.


Kegitan wirid dilaksnakan setelah Isya, jemaah yang hadir cukup rame memadat masjd hingga sampai ke luar masjid. Alhamdulillah tidak mengecewakan saya.


Jemaah yang hadir saat itu beragam mulai dari Wali Nagari, Bpn Nagari, Sekretaris, Kepala jorong, Ninik Mamak, Pengurus Masjid dan Masyarakat se-Nagari Sumpur Kudus. 


Susunan acara sudah dibacakan oleh pembawa acara, sambutan dan pujan pun terdengar  bersahut-sahutan. Kegiatan diawali dengan pembacaan kalam illahi.


Selanjutnya kata sambutan, partama sambutan dari pengurus masjid di sampaikan oleh pengurus masjid bapak Nuhrul Huda kepala SMAN 5 Sijunjung.


Nuhrul sapaan akrab belaiau meyampaikan kajian kita kali ini tentang persiapan menyambut Ramadhan, ini wirid terakhir kita menjelang Ramadhan, kita sama-sama bersilaturrahmi di rumah Allah ini begitu ucapan beliau.


Wali Nagari Sumpur Kudus Bpk. Syarijal S.Ag


Kemudian sambutan dari Bpk Syarijal S.Ag wali Nagari Sumpur Kudus banyak tadi yang beliau sampaikan diantaranya, Bagaimana persiapan kita menghadapi Ramadhan, rapat tentang manyabik padi, membantai adat menjelang Ramadhan, anak-anak kita yang ingin menyambung kuliah bisa ke Univ. M.Natsir, MOU Unand, telah memberikan kemudahan serta keringanan kepada orang tua yang memiliki anak dapat melanjutkan pendidikan. 


Bantuan dari pemerintah terhadap masyarakat yang kurang mampu, PKH, Dana desa, anak-anak tidak dibolehkan menggunakan mercun, badie-badie batuang, karena mengganggu kekusyukan dalam ibadah selama ramadhan ini akan ditindak lanjuti ada sangsinya bagi yang melanggar, dan lain-lain.


Kemudian baru giiran saya untuk bicara-bicara dengan tema "Tarhib Ramadhan." 


Inilah wirid pengajian Nagari Sumpur Kudus yang rutin dilaksanakan sekali dalam satu bulan. Cukup bagus, kegiatan ini lansung diambil alih oleh pemerintahan setempat.


Foto bersama setelah acara (PardiS)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top