DPRD Gelar Sidang Paripurna Hari Jadi Kota Bukittingggi Ke 238

Nasrun
0

 


Kehadiran Ketua DPRD Benny YusrialWako Erman Safar,Wakil Gubernur Sumbar


PARIWARA

Bukittinggi,Canangnews - Tepat pada 22 Desember 2022,Kota Bukittinggi genap berusia 238 Tahun,terhitung sejak Tahun 1784.Dalam rangka memperingati HUT,Hari Jadi Kota Bukittinggi ke-238.

DPRD Bukittinggi menggelar Rapat Paripurna ,diadakan di Balai Sidang Hatta Convention Hall, Kamis 22 Desember 2022.


Dalam sambutannya Ketua DPRD Bukittinggi Benny Yusrial mengatakan, awalnya Bukittinggi adalah dataran tinggi di Luhak Agam dan kemudian menjadikan nagari Kurai ,adalah awal dari keberadaan sebuah kota yang dikenal dengan nama Bukittinggi. Tidaklah heran kalau semasa penjajahan Belanda dan Jepang menjadikan kota ini sebagai salah satu pusat utama dalam pengelolaan ,pemerintahan dan militernya.

Rapat Paripurna DPRD kota Bukittinggi


"Pada masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia,dimana kota ini pernah dijadikan Ibu kota kedua RI setelah Yogyakarta.Sebagai Ibukota PDRI, ibu kota Provinsi Sumatera,Sumatera Tengah dan pernah jadi ibu kota provinsi Sumbar dan terakhir sebagai ibu kota kabupaten Agam,"ujarnya.


Disampaikan,momen Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 328 ini perlu dimaknai,dengan koreksi,evaluasi,memperbaiki tata kehidupan dan mengambil hikmah dari setiap kejadian melalui ikhtiar yang telah dilakukan,dan tidak boleh terlena akan prestasi yang telah diraih.


"Kita tentu berharap adanya inovasi-inovasi baru yang perlu dikembangkan pada tahun-tahun berikutnya, sehingga apa yang kita harapkan bersama menimbulkan kota Bukittinggi yang lebih sejahtera,damai dan agamis dapat tercapai," ungkapnya.


Anggota DPRD Bukittinggi berfoto bersama Wagub Sumbar Audy Joinaldi



Wali Kota Bukittinggi Erman Safar,hadir dalam sambutannya menjelaskan, apresiasi yang sedalam-dalamnya atas dukungan segenap stake holder kota dalam derap langkah pembangunan dikota ini,Tantangan dan tanggung jawab kedepan masih berat.


"Konsentrasi pembangunan daerah harus kita fokuskan untuk aspek pemberdayaan masyarakat disegala lini, yakni pendidikan,kesehatan, kebangkutan ekonomi umat, dan perlindungan sosial.


Data resmi Biro Pusat Statistik Tahun 2021, mencatat masih terdapat 6.900 jiwa penduduk Bukittinggi yang berada dalam garis kemiskinan, dengan kata lain sebanyak 5,14% penduduk kota berkategori miskin.Pemerintah daerah dengan dukungan DPRD akan selalu berupaya hadir ditengah masyarakat.


Foto bersama Wako,wawako serta anggota DPRD Bukittinggi dan istri-istri


Program Tabungan Utsman, dimana melalui belanja subsidi yang tertuang dalam APBD Pemerintah kota menanggung beban bunga atas pinjaman produktif atau modal usaha masyarakat pelaku ekonomi mikro.pada BUMD BPRS Jam Gadang.


Program ini sudah mulai terlaksana mulai tahun 2022, dengan Anggaran subsidi sebesar 2,5 Milyar, kredit yang dapat dikucurkan BPRS Jam Gadang untuk pelaku usaha mikro sebesar 14,5 milyar.Sementara jumlah penerima kredit sebanyak 1.956 orang.


"Kita berupaya akan selalu hadir meupayakan program-program kegiatan pada Dinas Pendidikan, dinas kesehatan, dinas sosial, dinas P4A PPKB, dinas koperasi UKM dan perdagangan.

Cendera mata Gubernur Sumbar dari Wako Bukittinggi Erman Safar


Sementara itu,Gubernur Sumatera Barat, yang diwakili Wawagub Audy Joinaldy menuturkan,Erman Safar dan Wakil Wali Kota Marfendi dalam menyelenggarakan pemerintahan yang harmonis dan koordinatif antara pemda,DPRD, forkopimda, instansi vertikal dan masyarakatnya, bersama-sama menciptakan Bukittinggi Hebat berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.


"Hanya dengan begitu, peringatan Hari Jadi daerah, sebagaimana yang kita laksanakan hari ini tidak menjadi kegiatan seremonial belaka, tetapu menjadi kegiatan yangf reflektif untuk kita memandang dan berjalan kedepan,"ulasnya.


Disebutkan Audy, kota Bukittinggi merupakan salah satu pusat perdagangan grosir terbesar di Sumatera.Bukittinggi merupakan PDRB kedua di Sumatera Barat setelah kota Padang,ditopang oleh dua sektor utama, yaitu perdagangan dan jasa.

Selanjutnya dalam bidang Pariwisata, kota Bukittinggi sempat terdampak berat akibat pandemi Covid-19,pada tanggal 24 Desember 2022 besok, pemerintah provinsi Sumatera Barat,akan melaunching Tahun Kunjungan Wisata Sumatera Barat atau Visit Beautiful West Sumatera 2023 di Bukittingggi.


Dikesempatan itu Wakil Ketua DPRD Nur Hasra menjelaskan, bahwa penetapan Hari Jadi kota, sangat penting artinya bagi warga dan masyarakat kota dan pemerintahan kota tersebut. Karena dengan itu dapat diketahui landasan historis suatu kota, dan nilai  ideal serta untuk memperoleh identitas kota dipentas sejarah.

Pemko Bukittinggi berikan pengjargaan kepada Tiga tokoh pahlawan yang berjasa kepada Kota Bukittinggi


Dikatakannya, pemerintah kota Bukittinggi telah membentuk Hari Jadi Kota Bukittinggi dengan mengadakan pertemuan-pertemuan dengan Tokoh masyarakat, mengadakan seminar atas nama pemerintah daerah serta melibatkan para pakar dan ahli sejarah.


"Penetapan Hari Jadi harus dapat dipertanggung jawabkan dari sudut sejarah serta peristiwa-peristiwa yang mengandung; nilai integratif, dapat mempersatukan unsur dan golongan masyarakat ,nilai inspiratif, aspiratif dan menjawab tantangan yang sedang dihadapi kota saat ini,nilai patriotisme dan nasionalisme,"ulasnya.


Turut Hadir pada acara besar itu,unsur Forkopimda Kota Bukittinggi, Sekdako,seluruh anggota DPRD kota Bukittinggi,Ketua MUI,Kapolres ,Kepala Kejaksaan,Kodim 0304 Agam, tokoh masyarakat Bukittinggi, wali kota dan wawako yang pernah menjabat diperiode sebelumnya,seperti Djufri,Khairul,Irwandi Dt.Batujuah, ketua PKK Ny.Fiona Erman Safar,ketua GOW Bukittinggi Ny Eva Marfendi, dan lain lain.


Pada Momen akbar itu, Pemerintah Kota Bukittinggi, memberikan apresiasi penghargaan kepada tokoh sejarah yang telah mengabdi kepada tanah Kurai Bukittinggi Sumbar.Seperti Umi Cawaher sebagai wanita inspiratif dan tokoh pendiri Panti Asuhan Aisyiah Bukittinggi, dan pejuang emansipasi perempuan kemudian   Guru Nawawi merupalan Pendidik di Minangkabau  di Sekolah Radja (Kweek School) Bukittinggi, serta tokoh  PDRI pada tahun 1948 Mr.Syafrudin Prawiranegara.



PEWARTA    ;  Khairunas

FOTO             ;  RPN

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top