Wawako Bukittinggi Apresiasi Warganya Peroleh Penghargaan Budaya Dari Pempus

Nasrun
0


Gusrizal Dt.Salubuak Basa saat menerima penghargaan di UPI Bandung /Foto,BM


BUKITTINGGI,Canangnews -  Wakil Walikota Bukittinggi H. Marfendi Dt. Basa Balimo, beri ucapan selamat kepada salah seorang warganya Drs. H. Gusrizal Dt. Salubuak Basa yang mendapat penghargaan tertinggi di bidang budaya dari Pemerintah pusat (Pempus).


"Kita patut apresiasi kerja keras beliau dalam memperkenalkan budaya Indonesia ke Luar Negeri, dan ini sangat membanggakan Minangkabau khususnya Kurai Limo Jorong, Bukittinggi" ucap Marfendi Selasa (15/11) di ruang kerjanya.


Prodi Pendidikan Bahasa lndonesia bagi Penutur Asing, kembali  mendapat kehormatan menyelenggarakan KIPBIPA XII (Konferensi Internasional Pengajar Bahasa lndonesia bagi Penutur Asing) diselenggarakan 8-10 Nov 2022 yang Penyerahan Piagam bertempat di Kampus Universitas Pendidikan lndonesia (UPI) Bandung setelah sebelumnya thn 1999 pernah pula menggelar KIPBIPA III. 


Berbeda dengan waktu itu, kali ini acara dilaksakan secara HYBRID (Bauran) mengusung tema : Strategi Penguatan Diplomasi Bangsa Melalui Internasionalisasi Bahasa lndonesia dengan menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri.


Dari dalam negeri, beberapa diantaranya: Prof. E. Aminuddin Aziz, Prof. Fuad Abdul Hamid dan Dr. Liliana Muliastuti sementara dari luar negeri diantaranya: Prof. Kyoko Funada dan Laura Wimsett, Ph.D


Selain diisi oleh para pakar bahasa sesuai bidang mereka masing-masing, juga menghadirkan Pembicara Utama seperti: Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, Dr. Teuku Faizasyah


Acara KIPBIPA ini, selain membicarakan tentang perkembangan serta kondisi BIPA saat ini, juga memberikan  Penghargaan SATYA ABDI BUDAYA kepada Tokoh BIPA DN-LN


Tokoh Bahasa dalam negeri diberikan kepada Drs. Gusrizal Dt. Salubuak Basa dan berhak menerima Penghargaan "SATYA ABDI BUDAYA" Sebuah penghargaan bergengsi diberikan kepada seseorang yang setia mengabdikan hidupnya untuk menggelorakan budaya dan bahasa lndonesia.


Gusrizal, yang berasal dari Kota sejuk Bukittinggi, selain sebagai Pengajar BIPA profesional, beliau juga sudah membuat buku ajar BIPA dalam bentuk text dan digital. Beliau juga dipercaya sebagai Bidang Hubungan Luar Negeri Universitas Fort de Kock-Bukittinggi.


Sementara dari Luar Negeri yang mendapat penghargaan adalah Prof. Kyoko Funada dari Jepang. 


"Sekali lagi selamat kepada Inyiak G. Dt. Salubuak Basa, dan juga lembaga yang beliau beraktifitas disana Fort de Kock, semoga selalu berkiprah untuk negeri," pungkas Marfendi.


( Nas )

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top