Festival Gandang Tasa Antar Grup Seni di Bukit Kandih Sungai Ibur Berlangsung Meriah

Kikilaksmana
0



Sungai Sariak, Canangnews.com -– Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur secara resmi membuka kegiatan Festival Gendang Tasa antar grup seni budaya se-Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, di Bukit Kandih Sungai Ibur, Sungai Sariak, pada Minggu (21/08/2022) lalu.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam gelaran Festival Tasa tersebut anggota DPRD Padang Pariaman Ir. Syafruddin, Kadis Kominfo Zahirman, Kadis Dagnakerkop-UMKM Jon Kenedi, Wali Nagari Sungai Sariak Zaiful Yudi, Ketua LPM Sungai Sariak Hendri Gusvira serta ninik mamak dan tokoh Masyarakat VII Koto.

 

Suhatri Bur dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan festival ini. Ia menyebut, Festival gendang tasa merupakan salah satu upaya pelestarian seni budaya minangkabau.

Terlebih pada era globalisasi yang mana seni budaya tradisional terus bersaing dengan perkembangan teknologi.

“Seni budaya Minangkabau berupa gendang tasa ini harus selalu kita lestarikan dan kembangkan. Karena seni budaya itu merupakan salah satu identitas bangsa.  Namun demikian, pelestarian kebudayaan hendaknya bukan hanya sekadar festival dan pertunjukan, tetapi kebudayaan ini adalah alat bagi kehidupan kita, alat untuk menunjukkan eksistensi kita,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Suhatri Bur berharap, melalui momentum festival yang diselenggarkan tersebut dapat menjadi media edukasi untuk mengenalkan seni budaya minangkabau kepada masyarakat dan generasi muda sehingga lebih memahami makna seni budaya minangkabau yang sesungguhnya.

“Melalui momentum gelaran festival ini, semoga bisa menjadi wadah untuk belajar dan menunjukkan eksistensi seni budaya tasa kepada masyarakat luas,” harap Bupati yang akrab disapa Aciak ini.

Diketahui, Festival Gendang Tasa ini diikuti oleh 20 Group Gendang Tasa yang tersebar di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

“Pada tahun ini Alhamdulillah kita berkesempatan menyelenggarakan kegiatan ini kembali. Pada perlombaan ini, kita memiliki 2 kateori pemenang, yaitu Kategori Junior dan senior,” sebutnya.

Berdasarkan informasi yang diterima dari panitia penyelenggara, untuk kategori Yunior, terbaik 1 diraih oleh Group Gendang Tasa Panti Kayu Bisati, terbaik 2 diraih oleh group Gendang Tasa Kampung Koto Ulakan, dan terbaik 3 diraih oleh group Gendang Tasa Kabun Ulakan.

Sementara itu, untuk kategori senior, terbaik 1 diraih oleh group Gendang Tasa Kampung Tangahh, terbaik 2 diraih oleh group Gendang Tasa Batang Piaman, dan terbaik 3 diraih group Gendang Tasa Silangkuang.


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top