Dinkes Padang Pariaman Programkan Bebas Pasung Penderita Gangguan Jiwa Tahun Ini

0
Suasana foto bersama pertemuan Dinkes Padang Pariaman pada kegiatan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dan program kesehatan jiwa. (Foto : Zakirman Tanjung)



Parik Malintang, CanangNews  – Dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan peningkatan capaian program kesehatan jiwa, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Pariaman  menyelenggarakan pertemuan dengan tema  Penggunaan Aplikasi Simkeswa dan Deteksi Dini Penatalaksanaan Gangguan Jiwa, Jumat (10/6/2022). 

Kegiatan yang dilaksanakan Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) pada Seksi P2P Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (TM dan Keswa) ini diikuti oleh 50 peserta yaing terdiri dari 25 Dokter dan 25 Penanggung Jawab Program Jiwa di Puskesmas se-Kabupaten Padang Pariaman bertempat di Ruang Pertemuan Dinkes, Parit Malintang. 


Kepala Dinas Kesehatan dr H Aspinuddin memberikan kata sambutan sewaktu membuka acara meminta semua peserta agar bersungguh-sungguh mengikuti pertemuan dengan memokuskan perhatian dan konsentrasi agar dapat merumuskan komitmen atau rekomendasi.  

Sebelumnya, Kepala Bidang P2P dr Efriyeni MKes melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan capaian program, terutama indikator standar pelayanan minimal (SPM) puskesmas, agar mampu menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan khususnya program kesehatan jiwa. Selain itu,  pengelola program keswa di puskesmas dapat menggunakan aplikasi SIMKESWA. 

"Dengan demikian akan terwujud Upaya Menuju Bebas Pasung Kabupaten Padang Pariaman dan terciptanya inovasi untuk posyandu keswa di wilayah kerja puskesmas masing-masing," ulas Dokter Eni.

Pertemuan kegiatan ini menghadirkan narasumber dr Rozi Yuliandi SpKJ  (Psikiater / Kepala Instalasi Rawat Jalan RSJ . HB Saanin Padang) dengan materi Deteksi Dini dan Penatalaksanaan Gangguan Jiwa serta Ns Silvi Jeni Media Putri SKep.(Pengelola Program SPM, Keswa Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat) dengan materi Penggunaan Aplikasi SIMKESWA dan Tata Cara Pembentukan Posyandu Keswa.

Hasil pertemuan peserta membuat komitmen 

1. Padang Pariaman bebas pasung sampai Desember 2022 nantinya

2. Aplikasi SIMKESWA dapat berjalan lancar 25 puskesmas bs menginputkan datanya program Keswa 

3. Lahirnya Inovasi Padang Pariaman untuk kesehatan jiwa salah satunya Posyandu Keswa (*/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top