Perbaiki Ekonomi Sebanyak 30 Kotak Bubu Perangkap Dikerjakan Sovian Di Sikabaluan

Sikabaluna
0


membuat bubu dari bahan sederhana.
Foto:/wartawan/Johan

Sikabaluan Canangnews,Warga Desa Sikabaluan membuat bubu perangkap kepiting dan ikan dari bahan sederhana waring bekas yang dipotong panjang dari ujung ke ujung menggunakan gunting.


Perangkap tersebut nantinya akan dibuatkan rangka sehingga dapat dibentuk sesuai dengan kondisi dan fungsi masing-masing,biasanya dapat ditaruh di sungai yang diperkirakan banyak ikan dan kepiting bakau.

Ketua kelompok Sofian mengatakan,pembuatan bubu tidak sulit cukup menggunakan kayu bekas,waring,dan bambu yang dibelah menjadi beberapa bagian"Bambu kita anyam menjadi rapat dan rapi untuk sigunakan di bawah kerangka kotak persegi empat dengan tujuan supaya ikan dan kepiting tidak keluar dari perangkap jika sudah masuk" ungkapnya kepada Canangnews saat dimintai keterangan Senin 4/04/22.

Dilanjutkan dia,dari waring bekas kelompoknya dapat mengolah bubu mencapai 30 kotak dengan ukuran yang sama namun berbeda fungsi dan kegunaan,dapat digunakan dilaut lepas,karang,dan anak sungai namun mesti diberi tanda agar dapat dilihat diketahui ketika hendak memeriksa kondisi isi didalamnya.

Bubu yang diolah sebelumnya sudah membantu perekonomian rumah tangga dimana sehari dapat menangkap kepiting 3 sampai 4 kg sekali masuk jika ditotal dirinya dapat memperoleh uang sebesar Rp 800.000 sekali jual sehingga membuat bersemangat,membuat bubu tidak begitu sulit namun menuntut kreatifitas yang tinggi untuk memperolehnya.

Ditempat yang sama Sudarmono anggota kelompok mengakui kreatifitas yang dibuat langsung tersebut akan membantu ekonomi rumah tangga dimana hasil tidak menghianati usaha,terlebih jika setiap hari memperoleh kepiting dengan jumlah yang banyak tentu akan memberikan hasil yang baik pula.

Perangkap tersebut nantinya akan diuji langsung disungai untuk memastikan kualitas tangkap kepiting dan ikan seperti apa agar dapat digunakan sehari harinya" kita akan terjun kesungai untuk memasang salah satu olahan bubu perangkap kepiting dan ikan dengan tujuan memastikan ikan dan kepiting selama 10 jam" pukasnya.(Js)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top