Ikan Asin Dusun Bose Tinggal Menunggu Label Halal

Sikabaluna
0
Proses Penjemuran Ikan Asin Di Dusun Bose
Foto:Wartawan/Johan


Sikabaluan Canangnews,Ikan asin Dusun Bose sudah mulai mengalami peningkatan kualitas serta mutunya semenjak mengikuti pelatihan di kantor DKP Daerah Kabupaten Mentawai,tujuh orang yang dipilih sebagai peserta dapat menangkap ilmu yang diberikan dalam kegiatan tersebut.

Jamin salah seorang peserta pembuatan ikan asin asal Dusun Bose mulai dari awal hingga tahap finishing mengatakan semenjak mengikuti pelatihan ikan asin mulai ada peningkatan dari segi kualitas dan rasa.

"Mulai dari awal mencampur bahan alami dalam sebuah wadah untuk ikan asin,penjemuran,hingga pemekingan sudah kita ikuti sehingga kualitas ikan asin Dusun Bose lebih baik dari sebelumnya" ungkapnya kepada Canangnews saat dimintai keterangan dikediamannya  Sabtu 9/04/22.

Lebih lanjut dikatakan dia,campuran garam juga tidak begitu sulit diperoleh tentunya beryodium dan baik untuk dikomsumsi,ikan asin yang baik pasti akan memberikan warna pekat hampir kuning untuk membuktikan kualitas terbaiknya,ujar jamin.

Tempat penjemuran juga sudah ada kata dia untuk mendukung ikan asin memberi aroma harum namun mesti disimpan ditempat yang bersuhu lebih kurang 30 derajat celcius usai  dijemur untuk menjaga kualitas aman hingga pengantaran kepada pelanggan.

"Cara menjemur ikan asin juga sudah dipelajari oleh peserta untuk memberikan evek baik di tubuh ikan yang akan dipaking dalam sebuah wadah yang diberikan oleh dinas terkait dalam bentuk kemasan plastic khusus supaya tidak mudah berjamur" ujar Jamin.

Warga dusun juga disuguhi mesin pres ikan agar dapat muat ketika dibungkus plastic sebelum diantarkan kepada pelanggan yakni toko-toko di kabupaten kepulauan Mentawai"kita sudah mendapat link khusus untuk  penampungan ikan asin dengan harga jual Rp 60000 per kg untuk penjemputan di dermaga pokai.

"Kita tinggal menunggu informasi label halal dari pihak yang bersangkutan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan pelanggan serta memberikan nilai baik dari seuah barang"pukasnya.(Js)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top