Mesin Mengalami Korsleting Sirene Sunami Di Sikabaluan Tidak Mengeluarkan Suara

Sikabaluna
0

Sirene Sunami Tidak Berfungsi Dengan Baik.
Foto: Wartawan/Johan.

Sikabaluan Canangnews,Sirene informasi bahwa akan terjadinya sunami ketika goncangan gempa berkekuatan tinggi tidak berfungsi dengan baik di Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara,Alat yang didatangkan langsung kini rusak dan tidak mengeluarkan suara.


Salah satu anggota satuan tugas perwakilan dari Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai,sekaligus relawan Heri Samanjolang mengatakan,Alat Informasi akan terjadinya Sunami yang dipasang tepat disamping kantor camat rusak dan tak mengeluarkan suara.

"Kita sudah kabari pihak kantor BPBD Mentawai untuk menindak lanjuti perbaikan sirene alat informasi akan adanya sunami bulan yang lalu dan itu sudah diketahui namun kerusakan dari alat tersebut lumayan berat sehingga membutuhkan tenaga teknis langsung dari pusat"ungkap heri kepada Canangnews saat dimintai keterangan di rumah mai,Jumat 25/03/22.

Dikatakan heri,Sirene biasanya akan berbunyi bila terjadinya gempa bahkan memberi tanda isyarat untuk warga sekitar agar berlari menyelamatkan diri ketempat yang lebih tinggi sebelum datangnya sunami" isyarat sirene berbunyi dua kali bila terjadinya gempa bila saat gempa  terjadi bel berbunyi tiga kali berarti sunami sebentar lagi akan datang sehingga semuanya dapat dipedomani oleh warga.

Namun kenyataannya pada saat gempa dasyat pasaman minggu yang lalu justru sirene yang memberi isyarat tidak berbunyi sehingga warga tidak dapat pedoman hanya mengandalkan informasi tv serta kabar lokal,

Dua alat suara dalam bentuk toa tersebut kata Rita saat mengeluarkan suara juga tidak berpengaruh di dusun nang-nang karena tidak kedengaran hanya dapat diketahui warga disekitar kantor kecamatan Siberut Utara Saja.

Sama halnya dengan Sarme warga dusun nang-nang mengakui tidak dapat mendengar sirene pada saat tes pertama sehingga tidak menjadi patokan bila terjadi gempa,ujarnya.

Heri juga mengatakan,mesin mengalami korsleting di bagian mesin dan tidak dapat diperbaiki oleh pihak BPBD"Teknisi khusus dari pusat yang bisa mengotak atik jaringan agar dapat perfungsi dengan baik kembali sementara sirene tidak dapat berbunyi secara otomatis" pukasnya.(JS)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top