Bakti Sosial, ALB HET FK Unand Berikan Pengobatan Massal kepada Korban Gempa Pasbar

1

Kajai, CanangNews - Tim Dokter dan beberapa Dokter Spealis Anggota Luar Biasa Hypocrates Emergency Team Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (ALB HET FK Unand) membuka posko dan layanan pengobatan massal kepada masyarakat korban gempa bumi di Kampuang Padang, Jorong Pasa Lamo, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau - Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu (12/3/2022). Selain itu, juga memberi bantuan berupa 200 paket berisi rendang dan sambalado teri serta kasur.



Rombongan berangkat dari Kota Padang dan Kota Payakumbuh bertemu di titik kumpul di Los Lambuang - Kurai Taji untuk sarapan pukul 06.30 WIB. Di antaranya dr H Aspinuddin (Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Padang Pariaman), dr H Chairul Abdi SpTHT (RSU Kota Payakumbuh - keduanya pendiri HET tahun 1989, Dr dr Yevri Zulfiqar SpB SpU (Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Universitas Andalas) dan Dr dr.Dewi Susanti Febri SpGK (Dosen FK Unand)



Dokter-dokter itu bahkan juga mengajak putra atau putri mereka yang sedang kuliah di FK Unand dan menjadi anggota aktif HET. Mereka menuju Pasbar dengan tiga unit fortuner, satu innova dan satu unit mobil pick up L-300 untuk membawa logistik bantuan.



Sampai di Simpang Ampek pukul 10.07, rombongan singgah dulu ke Gedung Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pasaman Barat untuk  berkoordinasi. Di sini telah menunggu dan ikut bergabung beberapa dokter, termasuk Direktur RS Yarsi Ibnu Sina Simpang Ampek dr Meri Herliza serta satu unit mobil ambulans milik RS itu.



Butuh waktu kira-kira satu jam menuju Nagari Kajai. Tiba pukul 11.01, ALB HET FK Unand langsung melakukan misi pengabdian masyarakat pengobatan massal di bawah terpal darurat di halaman suatu mushala. Cuaca yang sangat terik siang itu tidak mengurangi semangat para dokter memberikan layanan pengobatan.



Selesai pukul 15.21, rombongan bergerak ke arah utara. Berhenti di depan Masjid Al-Mujahidin, Jorong Limpato, ternyata sudah tersedia nasi bungkus. Rombongan makan siang bersama di teras masjid,.makan siang yang tertunda.



Usai makan, ALB HET FK Unand menyerahkan 80 paket bantuan + 17 kasur kepada Walinagari (Persiapan) Simpang Timbo Abu  (STA), Kecamatan Talamau, Mulyadi.



STA merupakan nagari paling parah karena sebagai episentrum (pusat) gempa 6,2 SR yang melanda Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (25/2/2022), berjarak ±7 km dari Jorong Limpato atau ±3,6 dari Jalan Raya Simpang Ampek - Talu - Lubuk Sikaping.



Kegiatan selanjutnya mengunjungi beberapa titik pengungsian, menyerahkan bantuan dan melakukan survei guna bakti sosial ALB HET FK Unand berikutnya untuk memberikan layanan pengobatan. (Zakirman Tanjung)

Posting Komentar

1Komentar
  1. Lengkap laporannya pak.semoga canang news terus update dg berita2nya.

    BalasHapus
Posting Komentar

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top