ESDM Provinsi Sumbar Canangkan Program BPBL Di Daerah 3T

Sikabaluna
0

Meteran Lampu Salah Satu Warga Sikabaluan.
Foto:Wartawan/Johan

Sikabaluan Canangnews,Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Kabupaten Kepulauan Mentawai kembali mencanangkan program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) bagi warga yang belum memiliki meteran pribadi.


Program tersebut diadakan guna tercapainya pemerataan serta tersedianya tenaga listrik bagi masyarakat sebagai wujud keadilan sosial,Ditjen Ketenagalistrikan akan melaksanakan Program Bantuan 
Pasang Baru Listrik (BPBL) melalui pendanaan APBN, berupa penyediaan instalasi listrik. 

Kementrian ESDM juga sekaligus akan melakukan pemeriksaan instalasi listrik dan penyambungan sebagai pelanggan PLN,Ketentuan calon penerima BPBL diatur dalam Peraturan mentri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu.

Adapun calon penerima Program BPBL yang layak diberikan bantuan diantaranya rumah tangga belum memiliki meteran listrik dan berdomisili di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T),Data daftar daerah 3T tersebut mengacu pada data Bappenas sehingga dapat diakses melalui link khusus.

Gidalti Kepala Bidang Pemerhati desa mengatakan bahwa program tersebut berasal dari kementrian ESDM dimana terlampir bahwa setiap warga yang belum memiliki meteran lampu agar mendaftarkan dirinya untuk dapat diberikan bantuan.

Dirinya juga menjelaskan,program tersebut dikhsuskan untuk daerah Terdepan Terluar dan Tertinggal sebagai syarat diberikannya bantuan,melalui data yang diimput oleh masing-masing desa.

"Untuk realisasi penyaluran Bantuan Pasang Baru listrik (BPBL) kita tidak bisa pastikan kapan akan tetapi data penerima sudah kita input hari jumat kemaren melalui pemerintah desa setempat ungkapnya kepada Canangnews saat dimintai keterangan melalui via whatsap Sabtu 12/03/22.

Dikatakan dia,kita juga dapat info dari ESDM Provisi Sumatera Barat untuk mengedarkan informasi terkait rencananya memberikan bantuan meteran baru terhadap warga di sikabaluan yang masuk kategori 3T,ujarnya.

Sementara ditempat lain Irsyat Andusnang,Sekretaris Desa Muara Sikabaluan mengatakan,Data nama calon penerima sudah dikirimkan ke Tuapeijat untuk diveripikasi sebagai pemerima bantuan nantinya,namun tidak bisa dipastikan,Jelas dia.

Adapun jumlah calon penerima yang sudah di input melalui data online ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) berjumlah 10 orang.(JS)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top