Tunjang Pariwisata, TPK Iasma 1 Landbouw Bukittinggi Gelar Canyon Go Clean


Foto bersama Iasma 1 landbouw Bukittinggi dalam Go Clean ngarai Sianok


 



Bukittinggi, -Tim Peduli Kemanusiaan (TPK) Iasma 1 Landbouw Bukittinggi adakan kegiatan Go Clean Atas Ngarai, Great Wall Koto Gadang kemudian Ngarai Sianok  Bukittinggi, dalam rangka berpartisipasi menunjang Pariwisata  Bukittinggi, Minggu (9/1/2021).


Acara itu dihadiri oleh perkumpulan Ikatan alumni SMA 1 (Iasma1)Bukittinggi diantaranya,Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah,Bupati Agam Andri Warman,Kepala Dinas Kesehatan Erwin Umar dan Anggota DPRD kota Bukittinggi Zulhamdi Chandra Zubir serta  diikuti oleh Pokdarwis kelurahan Kayu Kubu,Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bukittinggi dan melibatkan Siswa pencinta alam dari SMA Negeri sekota Bukittinggi.


Dalam sambutan, Bupati Agam Andri Warman mengatakan Bukittinggi tidak terlepas dari pepatah "Bukittinggi Koto Rang Agam", hal mana besinergi dalam mendukung kepariwisataan ,seperti yang berhubungan dengan Sapta Pesona dan lingkungan demi terwujudnya 'Global Geopark Unesco".


"Seperti daerah Sianok dan Koto Gadang akan kita bangun khusus untuk Bumi Perkemahan,ada kebanggaan tersendiri bagi Iasma 1 karena,Gubernur Sumbar dan Bupatinya dari SMA 1 Bukittinggi,"ujar Bupati.


Menurutnya,kebersamaan adalah hal yang paling penting,komunikasi antara Pemda Agam dan Bukittinggi berjalan lancar dan signifikan,misalnya wacana dalam  lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS)di Palupuh Agam.


"Kedepan sesama alumni SMA 1 Bukittinggi,diharapkan selain kita membangun SDM untuk masyarakat,juga yang sedang menuntut ilmu di SMA 1,khusus kelas XII di perkuat dengan Boarding School,"ucapnya.


Sementara itu Ketua pelaksana acara Dodi Syukri menjelaskan kegiatan Go Clean (Gotong royong)itu bisa menumbuhkan rasa sadar untuk menjaga kebersihan pada masyarakat, dilaksanakannya kegiatan itu berharap kepada warga  dan pemerintah bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dikawasan wisata.


"Insyaalah kita akan adakan beberapa acara bhakti sosial dalam bentuk lain,dan kami membutuhkan dukungan dari semua pihak,misalnya dari para alumni,Pemerintah daerah Agam dan Pemko Bukittinggi,"pungkasnya.


Dilain itu Roni Putra, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) kelurahan Kayu kubu Guguak Panjang yang didampingi Sekretaris Jimmi menuturkan,dengan program Go Clean yang bekerja sama dengan Iasma 1,bisa menjadikan kawasan canyon (ngarai) jadi bersih dan membuat pengunjung betah dan nyaman untuk berkunjung ke ngarai Sianok.


"Kedepan kita akan wacanakan  iven/kegiatan dalam rangka menunjang pariwisata di ngarai Sianok kota Bukittinggi dan akan membawa Pokdarwis kelurahan Kayu Kubu ke provinsi dan bisa menuju ke tingkat nasional .Disamping itu pokdarwis Kayu kubu bisa menjadi pokdarwis percontohan di Indonesia dan khususnya di Sumatera Barat,"harapnya.  (Nas)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama