TP PKK Agam Belajar Mengolah Sampah ke Jambi Selatan


 

Agam, -Dalam studi komparatif ke Kota Jambi, TP-PKK Kabupaten Agam berkunjung ke Bank Sampah binaan TP PKK Kota Jambi di Kecamatan Jambi Selatan.

Dikesempatan itu, rombongan diajak PKK Jambi melihat proses daur ulang sampah menjadi bernilai ekonomis.

Ketua TP PKK Kabupaten Agam Ny. Yenni Andri Warman mengatakan, tujuan melihat cara pengelolaan bank sampah akan menjadi momentum membina kesadaran masyarakat untuk memilah, mendaur-ulang dan memanfaatkan sampah. Karena sampah mempunyai nilai jual, sehingga pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan menjadi budaya.

“Kelemahan kita, belum memiliki bank sampah di PKK. Untuk itu, melalui kunjungan ini ilmu yang didapat bisa kita aplikasikan secara bertahap,” ujar Ny. Yenni.

Menurut Ny. Yenni, kesadaran untuk mengumpulkan sampah khususnya sampah rumah tangga ke bank sampah atau tempat mengumpul sampah harus berawal dari rumah tangga terlebih dahulu, kemudian baru diterapkan pada lingkungan.

“Maka, sebagai kader PKK di lapangan kami minta berperan aktif dan menjadi contoh bagi masyarakat dalam mengelola sampah dengan baik agar bernilai ekonomis dan tidak merusak lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Jambi Ny. dr. Nadiyah Maulana mengatakan, pengurangan sampah bermakna agar seluruh lapisan masyarakatnya baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat luas, melaksanakan kegiatan pembatasan timbunan sampah, pendauran-ulang dan pemanfaatan kembali sampah.

“Jadi, peran kita di PKK memberikan edukasi kepada masyarakat agar sampah rumah tangga tidak hanya dibuang tapi dikumpulkan dan dijual ke pengepul sampah atau bank sampah,” jelasnya. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama