Lokakarya Khusus Kotaku: Lubuk Alung Berbenah dan Berubah


Parit Malintang, CanangNews - Wilayah Kecamatan Lubuk Alung di Kabupaten Padang Pariaman ditetapkan pemerintah pusat sebagai kawasan perkotaan. Oleh karena itu, wilayah ini memperoleh Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM MPk) yang kemudian berganti jadi Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh). 


Untuk mengevakuasi kegiatan, Asisten Mandiri Program Kotaku Rony Satria SE bekerjasama dengan Bidang Sosial Budaya Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan Lokakarya Khusus selama dua hari, 22 - 23 Desember 2021. Kegiatan ini didukung Koordinator Kota (Korkot) Program Kotaku Hendri Gunawan dan Asisten Korkot Novrizal Busri serta diikuti secara zoom meeting oleh pihak-pihak terkait.



Ketika membuka kegiatan Lokakarya Khusus, Rabu 22/12/2021) siang, Kepala Bapelitbangda Ir H Ali Amran MP mengemukakan, lokakarya khusus ini merupakan rangkaian peningkatan kolaborasi semua sektor dan aktor untuk penuntasan kawasan kumuh di Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021. 


Ia menyatakan, Program Kotaku Lubuk Alung yang dimulai sejak tahun 2016 secara bertahap mampu mengubah kawasan kumuh menjadi lingkungan pemukiman dengan sanitasi layak dan ketersediaan air bersih. 



Ali Amran pun meminta kepada masyarakat yang memperoleh kegiatan program kotaku di lingkungan masing-masing agar memelihara sarana dan prasarana yang sudah dibangun supaya dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. 


Asisten Mandiri Program Kotaku Padang Pariaman Rony Satria SE menyebutkan, penyelebggara menghadirkan sejumlah narasumber untuk menyampaikan materi dalam lokakarya khusus ini.  Pada hari pertama tampil dua pemateri, Ketua Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Campas Nagari Lubuk Alung Asnawir Purnama dan Ketua LKM Harapan Bersama Nagari Air Tajun Yudianto. 



"Kedua pemateri memaparkan pelaksanaan kegiatan program kotaku di nagari masing-masing, lengkap dengan data, partisipasi masyarakat serta capaian  hasil yang diperoleh. Lubuk Alung berbenah dan berubah," ulas Rony. 


Sedangkan untuk hari kedua - Kamis besok, lanjut dia, akan tampil pemateri lain seperti Praktisi Jurnalistik Zakirman Tanjung. Seperti hari pertama, lokakarya dimulai pukul 14.00 WIB. (*)


Baca juga Kotaku: Dari Keranjang Hingga Warungan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama