Optimalkan Peran Lembaga, Kelurahan Peranap Berikan Pelatihan Peningkatan kapasitas bagi Pengurus

Rolijan
0

 


Mengoptimalkan peran Kelembagaann Kelurahanan Peranap, memberikan pelatihan peningkatan kapasitas bagi Pengurus LPM, BKM, RT/RW dan PKK Ketua Pemuda dan Karang Taruna, Pemuda dan olahraga




PERANAP, Canangnews -- Untuk mengoptimalkan peran Kelembagaann Kelurahanan Peranap, memberikan pelatihan peningkatan kapasitas bagi Pengurus LPM, BKM, RT/RW dan PKK Ketua Pemuda dan Karang Taruna, Pemuda dan olahraga jumat, 19 Nopember 2021.

"Dalam kegiatan tersebut dihadiri seluruh aparatur kelurahan Peranap beserta jajarannya, dan sebanyak 50 peserta yang terdiri atas pengurus LPM, BKM, RT/RW dan PKK dan Ketua Pemuda. 

Pada kesempatan tersebut, lurah Peranap (Syapril) didalam kata Sambutannya mengatakan bahwa pendampingan dan pelatihan bagi kelembagaan kelurahan Sangat diperlukan untuk Menggerakkan partisipasi masyarakat.

"ini sebagai salah satunya faktor keberhasilan pembangunan berbasis masyarakat diperanap.

Tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kinerja dari kelembagaan baik dari pengurus LPM, BKM, RT/RW, PKK Kelurahan Peranap sebagai Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) yang merupakan mitra pemerintah.

Di samping itu, pelatihan ini sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah atas pengabdian pengurus kelembagaan kelurahan dalam membantu pemerintah dalam hal percepatan pembangunan berbasis masyarakat agar tepat sasaran, tepat guna dan bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Syapril 

Syapril berharap para pengurus kelembagaan kelurahan dapat menjalankan tugasnya melaksanakan pemberdayaan masyarakat sesuai pedoman yang berlaku.

Kepengurusan ini dapat lebih transparan dan bertanggung jawab untuk meningkat kan kesejahteraan masyarakat baik melalui pembangunan fisik maupun non fisik.

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu akan terus memfasilitasi, membina dan melaksanakan pendampingan kegiatan pemberdayaan di kelurahan yang tidak lepas dari peran LPM dan BKM. Oleh karena itu, diharapkan peserta pelatihan dapat mempelajari dan mencermati apa yang disampaikan oleh Narasumber sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Penyelenggaraan LPM BKM harus didasarkan atas pedoman yang berlaku, jalinlah komunikasi dan koordinasi dengan seluruh masyarakat termasuk unsur pemerintah dari berbagai tingkatan,” terang Syapril.

Ditambahkan oleh Bambang Sunarto selaku pihak penyelenggara, mayoritas peserta pelatihan ini merupakan pengurus baru yang akan dilatih.

mengenai perencanaan pembangunan, pelaksanaan dan evaluasi agar peran LPM BKM di kelurahan dapat berjalan optimal, Mayoritas pengurus masih baru agar tidak gagap maka perlu adanya pembekalan. 

Mereka kami beri pembekalan penanganan dana hibah dan pemberdayaan masyarakat di samping itu, ada pendampingan dari fasilitator pemberdayaan masyarakat di masing-masing kelurahan agar betul-betul terkontrol.

Mereka akan dilatih mengenai perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan, serta evaluasi dan kendalanya Kami optimalkan peran dari LPM sebagai salah satu LKK yang juga termasuk di dalamnya RT/RW/Karangtaruna, kami berdayakan semua untuk menangani program-program pengentasan kemiskinan dan kawasan kelurahan yang bersinergi dengan berbagai pihak,” jelas Bambang sunarto. (Korwil Riau)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top