BSPD 11 akan Bangun Farm Maggot Education


Padang, CanangNews -- Rencana Bank Sampah Panca Daya (BSPD) 11 RW 06 Taratak Paneh, Kecamatan Kuranji - Kota Padang, menjadikan nasabah dan warganya bersemangat membudidaya ulat hitam (maggot) tampaknya bakal terwujud.


Setidaknya performance sentra maggot ini sudah terlihat dengan hampir rampungnya pengerjaan kandang Farm Maggot Education yang mendapatkan dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar.


Menurut Pembina BSPD 11, Eko Muhardi yang turut didampingi Dirut Nurman dan Sekretaris Afriyanti kepada media ini, Minggu (21/11/2021), sesuai rencana, pekan besok pengerjaan kandang maggot sudah selesai dan awal bulan sudah bisa dilakukan pembudidayaanya."In shaa allah budidaya maggot kita mulai awal bulan setelah kandangnya tuntas pengerjaan dalam pekan besok," ucap Eko.


Diterangkannya pula, di Farm Maggot Education ini juga akan diintegrasikan dengan ternak ayam dan ikan. 


Sekaligus akan diadakan tanaman hidroponik bekerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) RW 06 yang sudah terbentuk.


Nantinya, sambung Eko lagi, Farm Maggot Education dapat dimanfaatkan nasabah BSPD 11 dan warga serta penggiat maggot dan hidroponik menjadi sarana studi tiru.


"Target besar kita adalah setiap nasabah dan warga bisa membudidaya maggot di rumah masing masing, sehingga kita harapkan dapat memperkuat ketahanan pangan dan ekonomi keluarga," pungkasnya. 


Eko menghimbau agar masyarakat mulai membudayakan "Memilah Sampah Menabung Emas." (R/Z)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama