Pasar Bawah Bukittinggi Akan Dibangun Kembali

 

Sumber Dok.Suara Sumbar

BUKITTINGGI; Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi terus berupaya dan memonitor pembangunan kembali Pasar Bawah yang terbakar pada 11 September 2021 lalu.

“Kita terus monitor perkembangan pembangunan ulang pasa bawah (Pasar Bawah) itu. Kita targetkan, pembangunan selesai sesuai target,” Kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar kepada wartawan. Sabtu, (23/10).

Ia berharap pembangunan kembali Pasar Bawah rampung sesuai target, agar semua pedagang korban kebakaran segera kembali berjualan.

Disampaikan Erman Safar, pembangunan kembali los dan kios terlaksana, setelah material dari sisa kebakaran dibersihkan.

Sementara itu, Plt Kadis Koperasi, UMKM dan Perdagangan Bukittinggi, Isra Yonza, mengatakan, beberapa minggu pasca kebakaran, Pemko langsung bergerak cepat mendata dan membersihkan area kebakaran.

“Hal tersebut dilakukan, tidak lain guna mempercepat bagaimana Pasar Bawah bisa direnovasi,” ucapnya.

Disebutkannya,, pembangunan los dan kios yang terbakar itu, merupakan bentuk perhatian serius pemerintah kepada pedagang. Dengan harapan, tambah dia, jika renovasi selesai, masyarakat (pedagang) kembali beraktivitas seperti sediakala dan tentunya ekonomi mereka kembali pulih.


Ia jelaskan, jika tidak ada halangan dalam pembangunan kembali Pasar Bawah tersebut, Senin atau Minggu depan sudah rampung.

“Mudah-mudahan pengerjaan pembangunan pasar tidak mengalami kendala. Kita harapkan, Senin lusa atau Minggu depan pedagang sudah bisa berjualan,” jelasnya.

Seperti diketahui, kebakaran hebat menghanguskan ratusan kios dan los di Pasar Bawah Bukittinggi, Sabtu dini hari, 11 September 2021 sekitar pukul 03.00 WIB.

Akibat kebakaran itu, bangunan los dan kios para pedagang dari kayu, sangat mudah dilalap si jago merah.

Api berhasil dipadamkan beberapa jam kemudian setelah belasan unit kendaraan pemadam kebakaran dari Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar dan Payakumbuh turut membantu menjinakkan api. (nas).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama