Warga Pancung Soal Resah Karena Maraknya Penyalahgunaan Lem di Kalangan Remaja

Suhendri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan

Pesisir Selatan, CanangNews - Warga di Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) belakangan ini mulai resah penggunaan Lem Fox atau Cap Banteng di kalangan remaja dan pelajar.


Berdasarkan informasi warga, beberapa lokasi di Kecamatan Pancung Soal sering menjadi lokasi remaja dan pelajar marak penggunan lem, yaitu Muara Sakai, Pasar Kudo – Kudo dan Simpang Lamo.


Camat Pancung Soal, Yusri Wandi, ketika dikonfirmasi mengatakan, pihak Kecamatan Pancung Soal telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Termasuk, Wali Nagari dan pihak sekolah.


Fenomena penggunaan lem dikalangan remaja dan palajar bukan semata menjadi tanggung jawab dari pihak Forkopimca saja, Yusri mengajak peran orang tua, ninik mamak dan tokoh masyarakat bersama-sama ikut mengawasi di lapangan.


“Ya, ada beberapa lokasi di Kecamatan Pancung Soal yang rawan,” terang Camat Pancung Soal.


Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Pesisir Selatan Suhendri menegaskan, terkait hal tersebut semua komponen termasuk orang tua dan tokoh masyarakat ikut bersama dalam mengawasi anak-anaknya.


Dalam hal penggunaan lem dikalangan pelajar di Kecamatan Pancung Soal, pada intinya sudah include masuk dalam tata tertib sekolah. Jika didapatkan siswa-siswa tersebut memakai lem di lingkungan sekolah tentu saja sanksi akan diberikan.


Namun, jika perbuatan tersebut dilakukan diluar jam sekolah maka disitu, Suhendri meminta peran aktif orang tua dan pemuka masyarakat.


“Kita dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel tetap memberikan pada pihak kepala sekolah agar melakukan pengawasan pada siswa-siswanya,” ujar Suhendri.


Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (PolPP dan DamKar) Kabupaten Pesisir Selatan, Dailipal, sejauh ini belum ada laporan dari pihak kecamatan atas hal tersebut.


“Atas informasi tersebut, kita akan lakukan cross check ke bawah, dan siap turunkan anggota,” kata Dailipal. (can)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama