Rusma Yul Anwar Tinjau Lokasi Kebakaran Kambang

0
Rusma Yul Anwar Bersama Warga Korban Kebakaran

Pesisir Selatan, CanangNews - Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd meninjau lokasi kebakaran sekaligus menyerahkan bantuan pada korban kebakaran di Pasar Kambang, Nagari Kambang, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (24/9/2021).

Pada kunjungan tersebut Rusma Yul Anwar didampingi, Camat Lengayang, Zoni Eldo, Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan sejumlah perangkat daerah.

Dalam kesempatan itu, Rusma Yul Anwar juga melakukan dialog dengan para korban kebakaran. Pada kesempatan itu bupati menyebutkan pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna merumuskan jalan keluar untuk para korban sebagai upaya meringankan beban para korban yang ditimpa musibah.

"Tahap awal ini kami membawa sembako, dan bantuan kebutuhan lainnya, sementara bantuan berikutnya sesegera mungkin disiapkan," katanya.

Disebutkan kebakaran itu mengakibatkan 18 petak kedai dan 3 unit rumah ludes terbakar, dengan total kerugian sementara ditaksir sebesar Rp 5,8 miliar.

Dalam kesempatan itu Bupati meminta para korban sabar dalam menerima musibah kebakaran.

"Mudah-mudahan Allah memudahkan jalan keluar dari bencana ini," pintanya.

Selanjutnya, Bupati mengajak masyarakat agar masyarakat selalu waspada terhadap bencana kebakaran yang bisa saja melanda kapan saja dan dimana pun.

"Mari kita waspada dan mengontrol semua sambungan listrik serta sumber api lainnya yang dapat menimbulkan kebakaran," ujar Bupati.

Selain itu, kepada pihak PLN, Bupati meminta ketegasannya, dalam mengawasi jaringan di rumah masyarakat.

"Jika pemasangan atau sambungan yang tidak sesuai standar harus ditegur," tegasnya.

Berkaitan dengan langkah Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam membantu korban kebakaran, Bupati menyampaikan, pemerintah kabupaten akan mendesak pihak perbankan untuk menangguhkan sementara pembayaran kredit bagi korban kebakaran yang memiliki hutang di bank.

"Kita akan menyurati pihak perbankan untuk meminta penangguhan sementara pembayaran kredit bagi korban kebakaran yang memiliki hutang di bank," katanya.

Menyinggung langkah yang akan dilakukan pemerintah dalam penanganan korban kebakaran, Bupati berjanji akan membahas bersama instansi terkait, termasuk dengan BAZNas, guna membantu warga yang rumahnya terbakar.

Sebagaimana diketahui, sejumlah kios pedagang di Pasar Kambang Kecamatan Lengayang terbakar, sekitar pukul 22.45 WIB.

Guna melakukan pemadaman pihak Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pesisir Selatan mengerahkan empat armada pemadam kebakaran, yang berasal dari Pos Tapan, Pos Balai Selasa, Pos Kambang dan Pos Painan.

"Alhamdulillah, api berhasil dipadam pukul 1.45 WIB dini hari," kata Dailipal.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top