Bupati Suhatri Bur Minta Kepala Sekolah Agar Ciptakan Sekolah Ramah Anak

0

Lubuk Alung, CanangNews - Ciptakan sekolah ramah anak, sekolah dimana mereka merasa nyaman ketika masuk sekolah, bangunlah kondisi dan setting ruangan dan taman yang bersih dan nyaman.


Sekolah ramah anak merupakan upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama 8 jam anak berada di sekolah, melalui upaya sekolah untuk menjadikan sekolah : bersih, aman, ramah, indah, inklusif, sehat, asri, dan nyaman.


Hal tersebut disampaikan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE MM dalam acara silaturrahmi dengan Kepala Sekolah dan Pengawas TK/PAUD, SD dan SMP se-Kecamatan Lubuk Alung, Jumat (24/9/2021) di Aula Koperasi Pegawai Negeri / Guru KPNG Lubuk Alung.


Dalam arahannya, Bupati menyampaikan dunia pendidikan kita sekarang ini dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjadi pemikiran kita bersama bagaimana hasilnya generasi kita nanti kedepan. Kemajuan teknologi informasi sekarang ini sudah sangat luar biasa, perlu kreatifitas dari guru untuk mengantisipasi dan mengarahkannya. 


"Kepala Sekolah harus Melakukan kreatifitas untuk melahirkan innovasi, banyak hal yang harus diperhatikan dalam peningkatan kualitas pendidikan kita seperti kebersihan lingkungan sekolah,  anak memahami sopan santun, sebelum belajar berdoa dulu akan membentuk jiwa dan karakter anak sejak dini dengan perilaku dan kepribadian yang baik," ujar Suhatri Bur


Tantangan ke depan sangat berat, Menjadi kabupaten digital kita diupayakan untuk membentuk karakter dari anak-anak itu sendiri, kemajuan teknologi akan bisa bisa berdampak buruk seperti jatuhnya mental generasi muda, kita dituntut mendidik anak dengan juga memahami dan mempelajari kemajuan teknologi tersebut.


"Anak zaman sekarang sudah enggan datang ke mesjid dan mushala ketika waktu sholat masuk. Kepala Sekolah diharapkan untuk meningkatkan pembelajaran keagamaan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anak didik kepada Allah SWT. Disamping itu sekolah juga harus memfilter semua yang masuk kesekolah untuk diajarkan kepada anak," katanya lagi.


Lebih lanjut Bupati melinta  kepala sekolah agar menciptakan sekolah ramah anak, di mana anak akan merasa nyaman ketika masuk sekolah, bangun kondisi dan setting ruangan dan taman yang bersih dan nyaman sehingga sekolah bisa menjadi rumah kedua bagi anak-anak.


Bupati juga berpesan kepada Kepala Sekolah agar Hati-hati dalam menggunakan dana yang ada,  karena kalau lalai sedikit dalam pengelolaannya dana BOS, Kepala Sekolah akan berhadapan dengan permasalahan hukum dan aparat Penegak Hukum.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs Anwar MSi menyebutkan, silaturrahmi Bupati dengan Kepala SMP, SD, TK dan PAUD ini sangat diperlukan untuk kemajuan Padang Pariaman ke depan.


"Guru harus bisa jadi Agent Perubahan untuk Padang Pariaman berjaya, kuatkan Pendidikan Agama pada semua jenjang pendidikan, TK, SD, SMP dan Gemakan semangat motivasi "Guruku hebat muridku pintar," ulas Anwar.


Jumlah sekolah di Kecamatan Lubuk Alung terdiri dari 6 Sekolah Menengah Pertama, 36 Sekolah Dasar, 18 Taman Kanak-kanak dan 10 PAUD/Kelompok Belajar.


Dalam acara Silaturahmi dengan Kepala Sekolah dan Pengawas TK/PAUD, SD dan SMP se-Kecamatan Lubuk Alung ini Bupati didampingi oleh Asisten Sekdakab Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Rudi Rahmad, SE MM, Kadis Perikanan, Drs. Zainil, Plt. Camat Lubuk Alung, dan Tim dari Bagian Prokopim Setda. (R/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top