Masuk Nominasi API 2021, Disparpora Agam : Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka Sudah Dikenal Masyarakat Luas


 

Agam, -Musem Rumah Kelahiran Buya Hamka masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) untuk kategori situs peninggalan sejarah terpopuler.

Museum kebanggaan masyarakat Agam itu bakal mewakili Sumatera Barat untuk berlaga dengan 9 situs peninggalan sejarah terpopuler lainnya di Indonesia.

Bupati Agam melalui Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Agam, Syatria menuturkan, API merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Tahun ini API sudah memasuki tahun ke 6. Alhamdulillah Kabupaten Agam dengan Museum Kelahiran Buya Hamka terpilih mewakili Sumatera Barat di ajang ini,” ujarnya, Kamis (1/7).

Disampaikan lebih lanjut, Kabupaten Agam pada awalnya menyiapkan 18 lokasi yang bakal diperlombakan. Namun, dari sekian banyak kategori, Kabupaten Agam mendapat kesempatan di kategori situs peninggalan sejarah terpopuler.

“API ini pada dasarnya merupakan salah satu media promosi wisata yang ada di Indonesia,” sebut Syatria.

Menurutnya, Museum Kelahiran Buya Hamka sudah cukup dikenal masyarakat luas, baik di tingkat nasional maupun mancanegara. Bahkan, sebelum pandemi Covid-19 mendera, museum ini ramai dikunjungi wisatawan.

“Nama besar Buya Hamka sudah cukup dikenal, sehingga museum ini termasuk yang paling tinggi kunjungannya, terutama dari negeri jiran Malaysia,” ucapnya.

Pihaknya berharap, masyarakat Kabupaten Agam di mana pun berada untuk dapat mendukung Museum Kelahiran Buya Hamka sebagai pemenang di ajang API 2021.

Dikatakan, penilaian API 2021 berlangsung dengan cara Voting. Nominator yang mendapatkan dukungan terbanyak akan dinobatkan sebagai pemenang di tiap kategori.

“Dukungan dapat dilakukan dengan mengetik SMS API (spasi) 12F lalu kirim ke 99386, kirim sebanyak -banyaknya mulai 1 Juli hingga 30 Oktober nanti,” ajaknya. (AY)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama