Rusma Yul Anwar Ikuti Donor Darah Memperingati Hari Donor Darah Sedunia

Kegiatan Bakti Sosial Peringatan Donor Darah Sedunia


Painan, CanangNews - Bupati Peisisir Selatan (Pessel), Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd mengikuti donor darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein Painan, Selasa (15/6).


Rusma Yul Anwar, mendonorkan darahnya bertepatan dengan kegiatan bakti sosial donor darah dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia, yang dilaksanakan RSUD M. Zein  Painan bekerjasama dengan PMI Kabupaten Pessel.


Pada kesempatan itu, Rusma Yul Anwar, datang didampingi istri, Yusneti, juga terlihat hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Junaidi, Direktur rumah sakit yang diwakili Kabid Pelayanan dr. Riyantis, dan Lahardi Piterson dari PMI Kabupaten Pesisir Selatan. 


Sebelum dilakukan transfusi darahnya, Rusma Yul Anwar, yang didampingi istri, menjalani skrining seperti pemeriksaan tensi dan cek HB darah.


Dari hasil skrining ternyata tensi Rusma Yul Anwar sedikit agak tinggi sehingga tim medis menyarankan untuk menjalani istirahat beberapa waktu, sebelum transfusi darah dilakukan. 


" Ok, Saya istirahat sebentar asalkan dibolehkan untuk mendonorkan darah," jawab Rusma Yul Anwar menanggapi saran tim medis.


Berselang 15 menit, kemudian proses transfusi darah dilakukan. 



Selama proses transfusi berlangsung, Rusma Yul Anwar terlihat santai dan sesekali diselingi canda akrab dengan petugas medis.


"Maaf pak, sakit sedikit," ucap Ayu petugas medis saat menancapkan alat suntik (jarum) ke lengan kiri bupati.


"Silahkan tapi jangan dihabiskan darahnya," jawab Rusma Yul Anwar sembari bercanda.


Tak mau kalah yang lain pun ikut nimbrung sambil berucap kalau darah Rusma Yul Anwar biru. 


"Biru darah Pak Bupati tampak di kami," kata petugas medis lainnya.


Dalam kesempatan itu, Rusma  Yul Anwar, menghimbau masyarakat untuk donor darah demi keselamatan sesama.


"Mari kita bersama sama melakukan donor darah secara berkala untuk membantu sesama manusia," ajaknya.


Dikatakan, bantuan sekantong darah sangat berarti bagi keselamatan nyawa manusia. " Tidak usah takut donor darah, karena donor darah tidak merusak kesehatan. Malah dapat membuat kita semakin sehat," tuturnya. (can)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama