Tim Penilai Lomba Gerakan PKK tingkat Provinsi Sumbar Kunjungi Padang Pariaman

 


Sikabu, CanangNews - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE MM menyambut kedatangan Tim Penilai Lomba Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) di Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Selasa (15/6/2021).


Dalam kata sambutannya, Bupati Suhatri Bur mengatakan, atas nama pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat Padang Pariaman mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada Tim Penilai tingkat Provinsi Sumatra Barat di Nagari Sikabu.



Sepuluh tahun yang lalu, katanya, Nagari Sikabu tidak bisa ditemui di google map namun setelah pemekaran Nagari Sikabu mudah diakses ditambah dengan adanya Main Stadion di kawasan ini menjadikan Nagari Sikabu semakin dikenal dan ini memberikan wajah baru untuk Kabupaten Padang Pariaman. 


"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah 17 Kecamatan, para pemuda, Bank Nagari serta semua pihak yang telah memberi dukungan dengan membangun taman di Nagari Sikabu. Inilah wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman dalam menyongsong penilaian dari tim Provinsi Sumatra Barat," ujar Aciak, sapaan akrab Suhatri Bur.



Ia menambahkan, Tim Penggerak (TP) PKK Padang Pariaman terdiri dari empat Kelompok Kerja (Pokja), di antaranya Pokja I Pola Asuh Anak dan Remaja, Pokja II Pelaksanaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga, Pokja III Aku Hatinya PKK serta Pokja IV Gagah bencana (keluarga tanggap dan tangguh bencana dan cegah stunting serta sosialiasi Covid-19).


"Semua kegiatan dalam meProgram Pokok Pokok PKK sudah dipublikasikan melalui youtube. Alhamdulillah, sudah banyak yg men-subscribe. Ini wujud komitmen dan kesengguhan dari seluruh lapisan masyarakat dalam mendukung dan menjalankan program TP-PKK," jelasnya.




TP PKK, lanjut dia, menjadi garda terdepan untuk mewujudkan Padang Pariaman Berjaya, terlebih mencermati kondisi yang tengah melanda. Pemerintah tetap memotivasi TP-PKK agar menjadi corong, terlebih di tengah pandemi covid-19.


Sebelumnya, Ketua TP-PKK Kabupaten Padang Pariaman Yusrita (istri Suhatri Bur) dalam laporannya mengucapkan terimaksih kepada seluruh pengurus TP-PKK baik dari tingkat Kabupaten hingga nagari.



"Padang Pariaman saat ini memiliki dasawisama toga manari yang terletak di Nagari Sikabu ini dimana di dasawisma toga manari tersebut telah memiliki beberapa jenis tanaman obat yang dapat dipergunakan untuk pengobatan dan direncanakan akan menambah koleksi tanaman obat serta memambah koleksi toga," jelasnya. 


Sedangkan Ketua Tim Penilai Fitria Amalia Audy menjelaskan, bentuk penilaian dari kegiatan ini antara lain tertib adminstrasi,p erkembangan pengelolaan melaui media sosial, pola asuh anak di era digital, usaha peningkatan pendapatan keluarga, menciptakan kawasan asri dengan bermacam tanaman, bunga, toga serta keluarga tanggap dan tangguh bencana dan cegah stunting serta sosialiasi covid-19.


"Adapun indikator penilaian terdiri dari peningkatan sadar gizi dan stunting, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), keluarga sehat dan berkualitas serta pemahaman pra nikah terhadap remaja. Untuk mewujudkan itu semua, TP-PKK perlu bekerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, agar TP-PKK selalu menjaga protokol kesehatan," katanya mengakhiri. (R/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama