Elias Piau Terpilih Jadi Kades Sigapokna, Siberut Barat


Mentawai, CanangNews - Petani kreatif, Elias Piau SPd, terpilih jadi Kepala Desa (Kades) Sigapokna, Kecamatan Siberut Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pria kelahiran 11 November 1982 ini meraih 522 suara dari 1.067 suara sah pada pemilihan kepala desa (pilkades) yang berlangsung hari ini, Rabu (16/6/2021).


Ketika dihubungi CanangNews, Piau mengucapkan syukur serta terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan. *Alhamdulillah... terimakasih ya, Bang Zast atas dukungan Abang dan rekan-rekan wartawan serta semua pihak di Kabupaten Padang Pariaman," ujarnya. 



Piau yang menamatkan Sarjana Pendidikan (SPd) pada Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Yayasan Dharma Bakti (STKIP YDB) Lubuk Alung beristrikan perempuan asal Sungai Geringging dan banyak beraktivitas sebagai petani pembibitan aneka tanaman di kampung istrinya. 


Piau bahkan pernah menerima piagam penghargaan dan bintang emas sebagai petani inovatif dari Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni pada Malam Resepsi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, 17 Agustus 2015. Selain itu, ia juga pernah aktif sebagai wartawan.



Pria bersuku Sabutek Iba ini menang mutlak pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1, 3. 4 dan 5. Pemilik nomor urut (3) ini mengalahkan Calon Nomor Urut (1) Gerson Naulek yang memperoleh 220 suara, (2) Lauren Sius Buen 218 suara dan (4) Salmiati 107 suara. 


Desa Sigapokna memiliki luas wilayah 66,42 kilometer persegi. Jarak dari kantor kepala desa ke ibukota kecamatan 80 kilometer, ke ibukota kabupaten 199,44 kilometer dan ke ibukota provinsi 204,82 kilometer.



Berdasarkan data tahun 2018, Desa Sigapokna berpenduduk 2.703 jiwa, terdiri dari 1.802 laki-laki dan 991 perempuan.


Desa Sigapokna terdiri dari 7 dusun, yakni Tiniti, Pilionan, Sikuran, Toktuk, Muara Sigep, Labuan Bajau Utara dan Labuan Bajau Selatan. (Zakirman Tanjung)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama