Diskearpus Gelar Lomba Bercerita Anak se-Kabupaten Padang Pariaman

0
H Hendri Satria AP MSi

Pariaman, CanangNews - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskearpus) Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan Lomba Bercerita / Bertutur tingkat Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) se-Kabupaten Padang Pariaman. Penilaian tahap dua berlangsung di Gedung Perpustakaan Diskearpus - Pariaman. 


Bupati Padang Pariaman yang diwakili Kepala Diskearpus H Hendri Satria AP MSi ketika membuka lomba mengemukakan, kegiatan dilaksanakan rutin setiap tahun secara berjenjang mulai dari  tingkat kabupaten / kota, provinsi hingga tingkat nasional. "Kami sebenarnya ingin melaksanakan pada tingkat kecamatan. Namun, terkendala karena beberapa keterbatasan." 


I


a menyebutkan, peserta yang diundang dan hadir hari ini merupakan hasil penilaian tahap pertama berupa video yang dikirim kepada tim juri. "Kami memilih enam peserta terbaik untuk bertutur secara langsung di hadapan tim juri." 


 Sesuai dengan program dari Perpustakaan Nasional, lanjut dia, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama generasi muda, khususnya para pelajar. Jadi, bukan hanya sekadar bercerita.



"Bercerita itu dimulai dari membaca buku. Oleh karena itu, kami harapkan kepada peserta ketika tampil nanti menyebutkan sumber cerita berasal dari buku apa dan karangan siapa. Hal ini kami maksudkan untuk memacu minat baca anak-anak para pelajar," ujar Kandidat Doktor ini. 


Tim juri lomba bercerita ini, katanya lagi, berjumlah lima orang. Mereka adalah Zakirman Tanjung, pegiat literasi, unsur pers dan masyarakat; Mardhiyan Novita MZ SS MHum, Duta Baca Sumatra Barat, Alumni UGM dan UI; Dra Masfufah, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan; Adek Magdalena ST, Sekretaris Diskearpus serta Hendri Satria sebagai penanggung jawab.



Setelah bersidang dan merekapitulasi hasil penilaian, tim juri sepakat menetapkan juara pertama diraih oleh Haanyatul Nisa Rizki, murid SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar, dengan judul cerita Malin Kundang, juara kedua Syaira Afifah, murid SDN 29 Batang Anai, dengan judul cerita Asal-usul Danau Singkarak serta  juara ketiga Dinda Fatiha Ainun, murid SDIT Istiqamah Sicincin, dengan judul cerita Pak Lebay yang Malang. 


Selanjutnya, juara harapan pertama Atikah Najihatur Rahmat, murid SDIT Al-Marhammah Kampung Dalam, dengan judul cerita Anggun Nan Tongga, juara harapan kedua Rido Can Yuen, murid SDN 15 Sungai Geringging, dengan judul cerita Malin Kundang serta juara harapan ketiga Aisyah Humairatul Isra, murid SDN 32 VII Koto Sungai Sariak, dengan judul cerita Awang Tikuluak. (*)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top