Grebek Sahur, Keluarga Dasril Bakal Tempati Rumah Layak Huni


 

Agam, -Keluarga Dasril (40), warga Jorong Sungai Sirah, Nagari Tiku Utara bakal menempati rumah yang layak huni. Pasalnya, keluarga empat beranak ini mendapat bantuan program bedah rumah dari Pemerintah Kabupaten Agam.

Bantuan bedah rumah dan sejumlah sembako tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM melalui program grebek sahur Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Rabu (5/5) dini hari.

Pantauan tim di lokasi, setelah penyerahan bantuan, tim grebek sahur Pemerintah Kabupaten Agam melakukan makan sahur bersama dengan Keluarga Dasril di rumah papan berukuran 4×6 meter.

Pelaksanaan grebek sahur itu tampak dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, seperti menjaga jarak duduk satu sama lain.

Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM dalam hantarannya mengatakan, grebek sahur merupakan wujud tanggung jawab sosial Pemerintah Kabupaten Agam. Pihaknya berharap bantuan yang diserahkan jangan dilihat dari sisi nominal.

“Lihatlah kedatangan kami ini dalam wujud keikhlasan berbagi di bulan penuh berkah ini,” ujarnya.

Disebutkan lebih lanjut, bantuan Rp20 juta dinilai belum cukup untuk membangun rumah yang layak. Untuk itu, pihaknya juga berharap pemerintahan kecamatan hingga ke jorong melakukan penggalangan dana.

“Hal ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan bedah rumah keluarga Dasril,” sebutnya.

Pada kesempatan berbahagia itu, Dr. H. Andri Warman, MM juga berpesan kepada keluarga Dasril untuk mengutamakan pendidikan anak-anak.

“Pesan, saya anak-anak jangan sampai tidak sekolah, kalau ada kendala lapor ke jorong, prinsip bagi saya di Agam tidak ada yang tidak sekolah, minimal tamat SMA,” ucap bupati.

Ketua Baznas Agam, Eldi Zein menuturkan, grebek sahur merupakan salah satu dari enam program pihaknya di bulan ramadan. Dikatakan, bantuan bedah rumah selama ramadan terbilang berbeda dibanding hari biasa.

“Jika pada hari biasa, Baznas membantu bedah rumah sebesar Rp15 juta, pada ramadan ini ditambah Rp5 juta, sehingga jadi Rp20 juta. Plus bantuan sembako dan makan sahur bersama penerima,” terangnya.

Ditambahkan, untuk menyukseskan program pensejahteraan umat, pihaknya sengaja merekrut generasi muda sebagai relawan. Disebutkan, generasi muda inilah yang saat ramadan ini banyak berperan menghimpun dana dari muzaki.

“Masih banyak lagi program kesejahteraan umat yang akan Baznas Agam lakukan, seperti tahfidz kilat, gerakan agam maju generasi pintar atau gema pintar, dan lain sebagainya,” sebut Eldi Zein.

Sementara itu, Dasril mengaku tersanjung dan terharu disambangi orang nomor satu di Kabupaten Agam itu. Tak banyak yang mampu diucapkannya selain ungkapan rasa terima kasih yang mendalam.

“Kami sekeluarga berterima kasih atas bantuan yang diberikan, dan sudah mau makan sahur bersama di rumah kami ini,” ucapnya.

Turut hadir dalam grebek sahur itu, Plt. Kadisperindagkop UKM, Aguska Dwi Fajra, Kadis Pertanian, Arief Restu, Kabag Kesra, Surya Wendri, Camat Tanjung Mutiara, Hidayatul Taufik, Kapolsek Tanjung Mutiara AKP Muswar Hamidi SE. MH, Danramil Tanjung Mutiara, Kapten CZI Nuryetrizal. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama