Silaturrahim IKP Toboh Ketek DKI - Banten - Jabar Berlangsung Akrab

H ZA Dt Rajo Mangkuto SE MM

Jakarta, CanangNews - Para perantau asal Nagari Tokoh Ketek, Kecamatan Anam Lingkuang, Kabupaten Padang Pariaman bertemu dan bersilaturrahim di Pondok Ikan Bakar One - Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (9/4/2021) malam. Mereka datang dari tiga wilayah:.DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat (Jabar).


Pertemuan yang dipimpin Ketua Ikatan Keluarga Perantau (IKP) Toboh Ketek, H Zainal Abidin SE MM Dt Rajo Mangkuto terlihat berlangsung akrab dan hangat. Sebelum agenda resmi dimulai pukul 22.01 WIB, peserta silaturrahim saling berbincang lepas untuk berbagai informasi.


Dt Rajo Mangkuto menyebutkan, IKP Toboh Ketek beranggotakan kira-kira 250 - 300 keluarga. Namun, kehadiran pada Jumat kedua tiap bulan berkisar 50 - 60 orang. "Meskipun demikian silaturrahim di antara kami selalu terjalin melalui media komunikasi seperti telepon dan whatsapp. Kaba baiak baimbauan, kaba buruak bahambauan," ujarnya. 


Dalam pertemuan tadi malam, Dt Rajo Mangkuto mengungkapkan, IKP Toboh Ketek sudah memiliki lahan seluas 1.400 meter² yang berlokasi di Sawangan, Bogor, dengan nilai Rp950 juta. 


"Kami sepakat akan membangun gedung pertemuan pada lahan tersebut dengan biaya Rp1,5 miliar untuk tahap awal. Selain untuk Sekretariat IKP, gedung itu kami maksudkan sebagai tempat pertemuan perantau, resepsi pernikahan dan sarana olahraga," katanya lagi.


Dt Rajo Mangkuto pun menyebutkan, menjelang lebaran tahun 1422 ini IKP Toboh Ketek sudah sepakat hendak pulang basamo ke Ranah Minang. Jumlah peserta yang mendaftar sudah mencapai 750 orang dengan 250 mobil pribadi serta sejumlah bus carteran. 


"Namun, sepertinya rencana pulang basamo mungkin tidak terlaksana tahun ini karena ada informasi yang menyebutkan pemerintah melarang mudik lebaran tanggal 7 s.d 17 Mei 2021," ulas Dt Rajo Mangkuto. 


Acara silaturrahim ditutup dengan menikmati hidangan makan bersama berakhir menjelang tengah malam. (Zakirman Tanjung)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama