Badai Melanda Agam, Pohon Bertumbangan


 

Agam, -Badai yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Agam mengakibatkan pohon bertumbangan disejumlah lokasi, Kamis (1/4) dini hari.

Menurut informasi dari Pusdal Ops BPBD Agam, setidaknya pohon tumbang terjadi dienam titik yang berbeda sesuai laporan yang diterima dari masyarakat.

Kabid KL BPBD Agam, Syafrizal mengatakan, titik pertama pohon tumbang terjadi di ruas jalan kelok 44 tepatnya kelok 25 Jorong Kuok, Nagari Matua Mudiak, Kecamatan Matur.

“Akibatnya sebagian badan jalan provinsi itu tertutup material pohon, hanya bisa dilewati satu arah. Namun, setelah dilakukan upaya pembersihan, jalan sudah dapat dilewati kembali secara normal sekitar pukul 07.05 WIB,” ujarnya.

Kemudian titik kedua terjadi di belakang Villa Tiara V Sitingkah Tapi, Jorong II Balai Ahad, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung.

“Material pohon menimpa rumah warga, dan sudah dilakukan upaya pembersihan,” sebutnya.

Titik ketiga di Intake PLTA Maninjau Jorong Muko-Muko, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya yang menimpa pagar Intake PLTA tersebut.

Selanjutnya titik keempat di Jorong Labuah, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya menimpa dapur rumah warga dan sudah selesai upaya pembersihan sekitar pukul 08.40 WIB.

Titik kelima di Jorong Kubu, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya yang materialnya menimpa rumah warga dengan kondisi rusak sedang.

“BPBD bersama pemerintah kecamatan, nagari dan warga sudah melakukan proses pembersihan,” terangnya.

Selain itu, juga terjadi di Padang Sibalungkiang Jorong Lubuak Aluang, Kecamatan Ampek Nagari, dengan material pohon menimpa atap rumah warga.

BPBD mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dalam menyikapi cuaca yang sejak beberapa pekan terakhir mulai ekstrem, untuk dapat menghindari risiko ketika bencana terjadi. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama