Wabup Rahmang Buka TMMD ke-110, Pemkab hibahkan 1 Milyar

Parikmalintang, CanangNews - Wakil Bupati Padang Pariaman Drs Rahmang MM membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Tahun Anggaran 2021.  Kegiatan itu bertempat di aula kantor bupati - Parikmalintang, Selasa (2/3/2021).


Dalam kata sambutannya, wabup mengatakan, TMMD merupakan satu program operasi TNI yang dilaksanakan   secara terpadu oleh  TNI  bekerjasama   dengan  polri, kementrian, lembaga pemerintah non kementrian, pemerintah daerah dan kemponen masyarakat   lainnya   yang disinergikan dan diintegrasikan dengan tujuan untuk meningkatkan taraf  hidup   masyarakat yang lebih baik dan mandiri. 


Menurut dia, kriteria sasaran TMMD yang diharapkan adalah daerah–daerah yang tergolong terisolir atau terpencil, daerah perbatasan, pulau–pulau kecil serta  daerah-daerah lain yang terkena dampak bencana alam.


"Kegiatan TMMD ke-110 tahun 2021 di Kabupaten Padang Pariaman sebagai satu kabupaten terpilih dilaksanakan secara nasional dan serentak,  dibuka tanggal 2 Maret 2021 dan akan ditutup pada   tanggal 31 Maret 2021. Kegiatan   TNI Manunggal Membangun  Desa yang kita laksanakan dari waktu ke waktu, telah secara nyata  memberikan bukti membantu   pemerintah daerah dalam memberikan dan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta   memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,"  terangnya.


Mantan Kepala Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan ini juga mengatakan, sasaran TMMD meliputi kegiatan   fisik yang terdiri dari pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 2.500 meter, pemasangan gorong-gorong 80 cm di 3 titik, pembuatan mortal atau saluran sepanjang 80 m, pembuatan jembatan plat 1x1.5 x 7 M, pembuatan jembatan plat 6x4x2m pada 2 titik, pemasangan pondasi Kiri dan kanan, sepanjang 26 m, rabat beton sepanjang 50 meter, rehab mushalla dan tempat wudhuk, rehab rumah tidak layak huni (RTLH) 4 unit, pembuatan lapangan bola, pembuatan pos ronda dan pembuatan tugu TMMD.


"Selain kegiatan fisisk juga  dilaksanakan  kegiatan–kegiatan non fisik,  salah satunya membantu  pemerintah melakukan pembinaan mental dan wawasan kebangsaan, pembinaan   terhadap   remaja    dan generasi muda serta mencegah  berkembangnya     paham radikal, separatis dan sejenisnya, sosialisasi kesehatan  dan narkoba,   sosialisasi  hukum dan perundang-undangan,   sosialisasi   dan pemutaran film keluarga berencana,  sosialisasi bidang pertanian, perkebunan,   kesehatan hewan,   dan perikanan., dan sosialisasi tentang   kerukunan   hidup  ummat  beragama dan mitigasi bencana, serta sosilisasi dan penyuluhan OPD teknis  terkait lainnya,"  sambungnya.


Ia berharap TMMD kali ini akan lebih mencapai hasil yang maksimal,   serta   sejalan dengan   semangat    yang terkandung dalam tema TMMD ke  110   tahun 2021 yaitu  TNI Manunggal  Membangun Desa Wujud Sinergi Membangun Negeri.


"Semoga tema ini benar-benar dapat menjadi   sumber motivasi  dan inspirasi bagi  seluruh   komponen masyarakat dan stakeholder terkait   yang mendukung pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal  Membangun Desa dalam rangka membantu pemerintah dalam melakukan   percepatan pembangunan di segala bidang, sehingga indonesia umumnya dan kabupaten padang pariaman khususnya  semangkin maju, makmur dan  sejahtera,"  tutupnya

Sebelumnya, Letkol CZI Titan Jatmiko selaku ketua Satgas TMMD dalam laporannya memgatakan tujuan dari TMMD ini yakninya membantu Pemerintah Daerah untuk percepatan pembangunan.


"Waktu pelaksanaan kegiatan TMMD ini yaitu dimulai pada 2-31 Maret 2021, adapun kegiatan ini juga pemberian bantuan dari Baznas Sumatra Barat, juga aggaran dari APBD Pemerintah Daerah sebanyak Rp1 milyar," terangnya


Pada acara ini juga diserahkan bantuan kepada perangkat nagari,perwakilan bamus,perwakilan ninik mamak, dan perwakilan wali korong di Nagari Salibutan.


Selanjutnya acara ini dilanjutkan dengan tinjauan lapangan oleh wabup ke lokasi pelaksanaan TMMD di Nagari Salibutan. (R/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama