Grand Final Pemilihan Duta GenRe Padang Pariaman Berlangsung Penuh Semangat

Laporan Zakirman Tanjung



SEMANGAT 30 Finalis Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Padang Pariaman terlihat tumpah saat pelaksanaan grand final yang berlangsung di Aula Kantor Bupati – Parikmalintang, Selasa (2/3/2021) siang. Kegiatan itu dibuka dan diikuti hingga selesai oleh Wakil Bupati Drs Rahmang MM.


Selain para finalis dan orangtua mereka, acara itu dihadiri dan diikuti oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Fatmawati ST MEng, Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Yusrita dan Wakil Ketua TP PKK Yusnelly Erza serta Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) dr H Aspinuddin bersama jajarannya.


Sebelum membuka acara Grand Final Pemilihan Duta GenRe secara resmi, Wabup Rahmang mengemukakan, saat ini remaja Indonesia hidup pada zaman 4.0, suatu era yang sangat berbeda dari generasi orangtua mereka. Perbedaan tersebut melahirkan perbedaan pengetahuan antara orangtua dan anak yang sering kali tidak selaras dan sejalan.

 

Industri 4.0 melahirkan gangguan dan pergeseran di berbagai lini kehidupan yang mengubah pola interaksi, nilai, norma, sistem, tatanan, kebutuhan, tantangan, peluang, ancaman dan paradigma baru di berbagai sektor yang perlu disikapi secara bijaksana oleh para Remaja dan segenap anggota keluarga,” ujar Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini.


Sebagai energi masa depan, lanjut dia, remaja memerlukan pembinaan dan penguatan kapasitas agar siap menghadapi tantangan zaman, sekaligus mampu membangun keluarga berkualitas di masa mendatang. Jumlah penduduk usia 10 24 tahun di Indonesia saat ini telah mencapai sekira 67 juta jiwa atau 26,1% dari total jumlah di Indonesia. Ini berarti 1 di antara 4 penduduk adalah remaja.


Remaja saat ini akan menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia tahun 2045. Saat Indonesia memasuki usia 100 tahun merdeka, generasi ini akan berusia antara 35 54 tahun, yaitu berada pada usia produktif yang akan menjadi nahkoda bangsa ini ke depan. Generasi emas nantinya diharapkan menjadi generasi yang cerdas dan komprehensif, yaitu produktif, inovatif, damai dalam interaksi sosialnya, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alamnya serta berperadaban unggul.

 

Generasi emas akan disemai melalui pembangunan karakter dalam pembangunan keluarga yang menggunakan pendekatan siklus kehidupan. Oleh karena itu, pembinaan remaja menjadi investasi yang sangat luar biasa,” ulas Rahmang.


Dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, BKKBN mengembangkan program GenRe yang dikembangkan dalam rangka penyiapan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana pula, kemudian baru menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.


Program GenRe mengedepankan pembentukan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan di bawah umur, melakukan penyimpangan seksual dan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (apza) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi bangsa dan negara,” urai Rahmang.

 

Ia menyatakan menyambut gembira kegiatan Pemilihan Duta GenRe ini yang merupakan suatu wadah bagi remaja untuk berkumpul, bercerita dan meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan gizi serta meningkatkan kapasitas dan kreatifitas untuk menghadapi bonus demografi dan Indonesia Emas.


Dengan adanya Duta GenRe ini diharapkan mereka mampu menjadi role model ,idola dan sumber informasi bagi teman sebaya agar para remaja mampu menghadapi berbagai tantangan dan resiko, terutama seksualitas, HIV dan AIDS, Napza dan pernikahan di bawah umur.


Saya sangat bangga melihat generasi muda yang tergabung menjadi Duta GenRe, yang memiliki bakat dan kreatifitas luar biasa. Semoga dengan adanya Duta GenRe ini mampu menjadi Agent of Change bagi generasi remaja, khususnya di Kabupaten Padang Pariaman,” katanya lagi.

 


Kepada seluruh stakeholders (pihak terkait – red), Wabup Rahmang meminta agar dapat memberikan perhatian kepada generasi muda karena mereka adalah harapan bangsa. Untuk itu, marilah kita berpartisipasi dalam menyukseskan Program GenRe ini agar melahirkan generasi remaja yang tangguh dan Unggul sehingga terwujud Padang Pariaman Hebat.


Sedangkan Kepala BKKBN Sumbar Fatmawati ST MEng mengemukakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, khususnya DPPKB, karena telah memfasilitasi kegiatan Pemilihan Duta GenRe ini yang diharapkan dapat menghasilkan remaja yang berkualitas.


“BKKBN terus berupaya menyiapkan generasi muda yang sehat, terhindar dari berbagai permasalahan remaja serta menjadikan remaja produktif dan berkualitas agar mampu mencapai bonus demokrafi untuk Indonesia Emas tahun 2045 nanti. Upaya tersebut antara lain dengan Program Duta GenRe,” ujar perempuan kelahiran Makassar 8 Desember 1971 ini.

 

Dalam rangka mencari figur-figur remaja berkualitas dimaksud, lanjut dia, kegiatan Pemilihan Duta GenRe ini sangat diperlukan. Satu pasang Duta GenRe (putra dan putri) terbaik asal Kabupaten Padang Pariaman inSyaa Allah nanti akan ikut pada ajang yang sama di tingkat Provinsi Sumbar. Mudah-mudahan jadi wakil provinsi ke tingkat nasional.


“BKKN saat ini memiliki cara, logo dan tagline baru untuk generasi muda. Kita harapkan logo dan tagline baru ini dapat diterima masyarakat. Sebab, berdasarkan sensus penduduk, hingga Desember 2020 Indonesia berpenduduk 271.349.889 jiwa, sekira 67 juta jiwa atau 26,1% di antaranya adalah remaja berusia 10 – 24 tahun,” kata Fatmawati yang dilantik Kepala BKKBN Dr (HC) dr Hasto Wardoyo SpOG (K) di Auditorium Kantor Pusat BKKBN, Jakarta, Rabu (20/1/2021).


Fatmawati menyebutkan, tagline BKKBN saat ini adalah #Berencana_Itu_Keren (seraya memperlihatkan gesekan ibu jari dan telunjuknya – red). “Artinya, BKKBN mengedepankan aspek perencanaan dalam semua siklus dan tahapan upaya yang kita lalui. Ada simbol love atau cinta, simbol merangkul, simbol kupu-kupu dan simbol tak terbatas.”

 

Khusus di Sumatra Barat, lanjut dia, berdasarkan SP 2020 jumlah penduduk provinsi ini 5,53 juta jiwa, 68,65% dari total populasi itu adalah penduduk usia produktif. Dengan demikian, gebrakan ini menjadi keniscayaan sebagai sumbangsih dalam mengisi pembangunan daerah dan negara.


“Melalui Program GenRe kita harapkan para remaja dapat disiapkan sebagai calon orangtua berkualitas. Dalam hal ini remaja diharapkan dapat menerapkan lima tahap transisi kehidupan, yakni pola asuh dan hidup sehat, berpendidikan, memiliki pekerjaan, hidup bermasyarakat serta menikah / berumahtangga dengan perencanaan yang baik hingga akhirnya menghasilkan anak-anak yang berkualitas,” kata Fatmawati.


Sebelumnya, Kepala DPPKB Kabupaten Padang Pariaman dr H Aspinuddin melaporkan, Pemilihan Duta GenRe tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan awal yang telah dilakukan adalah sosialisasi ke sekolah- sekolah, perguruan tinggi  - baik negeri maupun swasta, Kelompok PIK- R (Pusat Informasi Konseling  Remaja – red) yang ada di masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media sosial seperti instagram dan facebook yang dilakukan oleh Forum GenRe Kabupaten Padang Pariaman serta Jajaran DPPKB. Setelah itu, menerima pendaftaran dan dilanjutkan dengan tahap seleksi yang meliputi test tertulis, wawancara, dan penampilan bakat.

 

“Dalam proses seleksi, kami tidak mensyaratkan tinggi dan berat badan, sesuai ketentuan dari Forum GenRe Sumatera Barat. Bapak, Ibu dan hadirin dapat melihat sendiri penampilan para finalis kami,” ujar Dokter Jimmi, sapaan Aspinuddin.


Dari 97 orang pendaftar, lanjut dia, setelah melewati proses seleksi, terpilih 30 orang finalis yang terdiri dari 13 orang putra dan 17 orang putri. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu, di mana jumlah pendaftar 65 orang dan terpilih jadi finalis 20 orang.


Para finalis ini terdiri dari remaja yang berasal dari SMA / sederajat, perguruan tinggi negeri / swasta dan Kelompok PIK-R Masyarakat.Tahapan berikutnya adalah Pemasangan Salempang terhadap 30 orang finalis, dilanjutkan dengan techinical meeting yang dilakukan selama 3 hari  di Aula DPPKB dengan partisipasi aktif dari Forum GenRe Kabupaten Padang Pariaman.

 

Hal yang berbeda pada Pildugen tahun ini adalah Forum GenRe Kabupaten Padang Pariaman dan Panitia Pildugen memberikan berbagai project dan challenge kepada para finalis yang dapat mereka lakukan pada kelompok PIK- R di masing-masing kecamatan. Project dan challege tersebut bertujuan agar para finalis dapat melahirkan inovasi dan kreasi serta manfaat terhadap Kelompok PIK-R di wilayah mereka,” ulas Dokter Jimmi


Beberapa project finalis adalah Gemes (Gerakan bermedia Sosial Sehat), Gema Seganting (Gerakan Makan Sehat Cegah Stunting), Gema Rematri (Gerakan Mencegah Anemia pada Remaja Putri), Kepoin (Keterampilan Modal Indonesia Maju) serta Sisik (Interaksi Asyik).


Tahap selanjutnya, ke-30 finalis tersebut kami karantina selama 3 hari 2 malam 21 s/d 23 Februari 2021 di Hotel Nan Tongga Kota Pariaman. Selama karantina, mereka diberikan Ilmu dan pengetahuan dari Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan stunting, kemampuan menulis bagi seorang duta serta bagaimana menjaga kesehatan, kebugaran dan penampilan. Harapan kami, dengan segala upaya yang telah dilakukan oleh panitia beserta Forum GenRe, Duta GenRe Padang Pariaman mampu meraih Winner tingkat provinsi, bahkan nasional,” papar Jimmi.

 

Aspinuddin juga melaporkan, kegiatan Pemilihan Duta GenRe Padang Pariaman tahun 2021 ini dapat terlaksana dengan meriah berkat dukungan berbagai pihak. Antara lain sponsorhip Bank Nagari Cabang Pariaman, Hotel Nan Tongga, Gandang Tasa Pik-R Nagari Toboh Gadang Barat, Sanggar Seni Rangkiang Palito, Perguruan Silek Sekapur Sirih Nagari Salibutan, Azwar, Wardah, Mormo, PT Komiko, Erwin Lighting, AiSkin dan Batik Kakao Yus Rusky.


Tahun ini pelaksanaan karantina Duta GenRe dilakukan dengan situasi yang berbeda dari tahun sebelumnya dikarenakan kita sedang berada dalam pandemi covid. Yakni dengan mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan Prinsip 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun / handsanitizer dan menjaga jarak,” kata Jimmi mengakhiri.


Kegiatan Grand Pemilihan Final Duta GenRe bertempat di Aula Kantor Bupati – Parikmalintang, berlangsung selama empat jam lebih sejak pukul 14.00 WIB hingga menjelang maghrib, berupa penilaian terhadap kemampuan masing-masing finalis yang menampilkan kebolehan di atas panggung serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tim juri.

 


DAFTAR NAMA FINALIS DUTA GENRE KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2021

No.

Nama Finalis Laki- Laki

Asal Sekolah/ PIK- Remaja

1.

Taufiq Hidayat

UIN Imam Bonjol Padang

2.

Aldi Saputra

PIK- R Patamuan

3.

Dafa Aufa Zuafa

SMAN 1 Lubuk Alung

4.

Gilang Ramadan

SMAN 1 2x 11 Enam Lingkung

5.

Zuuld Fadri

MAN 1 Padang Pariaman

6.

Haiqal Aqsa

SMAN 1 Lubuk Alung

7.

Arifqi Ananda P

SMAN 1 2 x 11 Enam Lingkung

8.

Reza Firdaus

UIN Imam Bonjol Padang

9.

Andesa Putra

SKIP PGRI Sumbar

10.

Daffa sauqi Ilmi

SMKN 1 2x11 Enam Lingkung

11.

Ilham Jaya Kusuma

MAN 1 Padang Pariaman

12.

Yogi Alvano

UIN Imam Bonjol Padang

13.

Abdul Rahman Alkalidi

Universitas Negeri Padang

 

No

Nama Finalis Putri

Asal Sekolah

1.

Siti Sarah

Universitas Negeri Padang

2.

Gusticya Early

SMAN 1 Lubuk Alung

3.

Winda Febriani

SMAN 1 Lubuk Alung

4.

Mike Melia Putri

Universitas Negeri Padang

5.

Sherly Natasha

SMAN 1 Nan Sabaris

6.

Rahma Dean Najwa

SMAN 1 Lubuk Alung

7.

Sofi Asri

MAN 1 Lubuk Alung

8.

Zakiatul Rahma

Politeknik Negeri Padang

9.

Kesya Putri Yeni

SMA1 VII Koto Sungai Sarik

10.

Mutiara Kharisma Putri

SMA 1 Lubuk Alung

11.

Fadilla Dwi Novianti

SMA 2 Pariaman

12.

Suci Rahmadani Alfitri

MAN 1 Padang Pariaman

13.

Nur Fadira Natasya

MAN 1 Padang Pariaman

14.

Chindilla Syafira

SMA 1 Enam Lingkung

15.

Puja Sastra Negara

SMA 2 Batang Anai

16.

Cynta Fransie

SMAN 1 Nan Sabaris

17.

Chika Ayuni

STKIP Nasional

 

NAMA NAMA WINNER DUTA GENRE PADANG PARIAMAN TAHUN 2021

The Winner Putra        : Haiqal Aqsa

The Winner Putri                   : Siti Sarah

Runner Up I Putra       : Abdul Rahman

Runner Up I Putri         : Mike Melia Putri

Runner Up II Putra      : Gilang Ramadan

Runner Up II Putri        : Rahma Dean Najwa

Runner Up III Putra     : Dafa Aufazua

Runner Up III Putri       : Gusticya Early

Runner Up IV Putra     : Aldi Saputra

Runner Up IV Putri      : Sofia Asri

Duta Persahabatan Putra    : Yogi Alvano

Duta Persahabatan Putri      : Cynta Fransie

Duta Berbakat Putra             : Andesa Putra

Duta Berbakat Putri               : Suci Ramadani Alfitri

Duta Favorit                           : Arifky Ananda Putra

Duta Favorit Putri                  : Mutiara Kharisma Putri

Duta Intelegensia Putra        : Taufiq Hidayat

Duta Intelegensia Putri                   : Fadila Novianti


(***)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama