Tahun 2021, Pemkab Agam Targetkan Raih APE Kategori Mentor




Agam, -Pemerintah Kabupaten Agam bertekad raih Anugerah Parahita Ekapraya (APE ) tahun 2021. APE yang digelar setiap tahun oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) itu menitikberatkan pada Pengarusutamaan Gender (PUG).

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas Dalduk KB PP dan PA Kabupaten Agam, Yulhendri, mengatakan, Pemkab Agam sangat serius dan berkomitmen dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG.

“Kita siap diverifikasi oleh tim dari KemenPPPA,” kata Yulhendri, dalam rapat persiapan verifikasi penilaian APE, di aula Kantor Dinas Dalduk KB PP dan PA Agam, Senin (8/3) dihadiri Ketua TP-PKK Agam, Ny Yenni Andri Warman, Ketua Dharmawanita Agam Ny Eva Martias Wanto.

Yulhendri menjelaskan, ada 7 indikator dalam penilaian APE tersebut, masing- masing komitmen, kelembagaan, SDM, anggaran, metode tool, data sistem informasi serta partisipasi masyarakat dan dunia usaha.

“Alhamdulillah, tahun lalu kita dapat kategori APE Madya. Tahun ini kita targetkan kategori Mentor,” ujar Yulhendri.

Oleh sebab itu, ia berharap kerjasama seluruh stakeholder agar menjaga konsistensinya dalam memainkan peran sesuai tupoksi masing -masing.

“Kita siapkan lampiran dokumen dan data sebagai bukti pengisian evaluasi PUG di Agam,” tambahnya.

Dikatakan,pemberian penghargaan APE ini bertujuan agar seluruh lembaga bersama-sama mengentaskan kesenjangan dalam pembangunan dan adanya kesetaraan gender. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama